Dinas Pangan Kampanyekan Manfaat Konsumsi Pangan B2SA

Foto saat Ketua TP PKK Berau Sri Aslinda Gamali menyerahkan Piagam kepada TP PKK Kecamatan yang menang lomba

TANJUNG REDEB, Swarakatim.com – Dinas Pangan Kabupaten Berau bekerja sama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Bumi Batiwakkal menggelar festival pangan bertempat di Balai Mufakat, Jl Cendana Kecamatan Tanjung Redep, Kamis (30/6/2022). Festival diikuti perwakilan PKK kecamatan se Kabupaten Berau menjadi ajang mengkampanyekan manfaat konsumsi pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) kepada masyarakat.

Menurut Ketua TP PKK Berau Sri Aslinda Gamalis menyampaikan apresiasi atas sinergi yang baik antara Dinas Pangan TP PKKK, yang selalu aktif dan terus meningkatkan perannya dalam menjaga dan melestarikan kearifan lokal dengan menggelar acara festival pangan lokal tingkat Kabupaten Berau tahun 2022 ini. Pangan merupakan kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat. Ketersediaan pangan yang cukup belum tentu dapat menjamin terhindarnya penduduk dari masalah pangan dan gizi.

“Jadi selain ketersediaannya perlu diperhatikan aspek pola konsumsi rumah tangga atau keseimbangan kontribusi jenis pangan yang dikonsumsi, sehingga memenuhi standar gizi yang dianjurkan,” kata Sri Aslinda.

Menyadari akan pentingnya tujuan akhir dari kegiatan festival pangan ini maka secara khusus diharapkan kepada peserta perwakilan PKK kecamatan bahwa penyelenggaraan kegiatan kali ini adalah salah satu contoh cara pengenalan kemasyarakat dalam rangka mempercepat pemahaman masyarakat tentang manfaat mengkonsumsi pangan B2SA tersebut

“Sebab melalui lomba ini sekaligus sebagai wujud kepedulian kaum ibu dalam upaya meningkatkan kreasi dan nilai tambah produk dengan memanfaatkan bahan pangan lokal,” tutur Sri Aslinda lagi.

Dari pelaksanaan lomba ditetapkan sebagai pemenang yakni TP PKK Kecamatan Batu Putih untuk kategori lunch box dan PKK Kecamatan Segah untuk kategori snack box yang selanjutnya akan mewakili Kabupaten Berau untuk melaju ke tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). (Nht/Hms)

Loading