DPMD Kabupaten Kukar Gelar Pelatihan Dan Pembekalan Kades Terpilih Periode 2022-2028.

Foto : Kegiatan pelatihan dan pembekalan Kades yang terpilih periode 2022-2028, di Ballroom Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong, Rabu (19/10/2022).

Kepala DPMD Kukar Tegaskan Agar Kades Bisa Jalankan Fungsinya Dengan Baik.

TENGGARONG, Swarakaltim.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) saat ini telah menggelar Pelatihan dan Pembekalan Kepala Desa (Kades) yang terpilih periode 2022-2028, di Ballroom Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong, Rabu (19/10/2022) malam.

Dalam kegiatan ini, dibuka langsung oleh Asisten I Sekretariat Kabupaten Kukar Akhmad Taufik dengan didampingi oleh Kepala DPMD Kabupaten Kukar Arianto berserta jajaran DPMD Kabupaten Kukar.

Pada kesempatan ini, Asisten I Sekretariat Kabupaten Kukar Akhmad Taufik menyampaikan bahwa diharapkan para Kades yang mengikuti pelatihan dan pembekalan ini, bisa bersinergi dengan program pembangunan oleh pemerintah daerah.

“Dan para kades agar bisa terus meningkatkan, menjaga dan memelihara sinergitas dan koordinasi bersama camat dan pemerintah kabupaten dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab secara amanah,” lanjutnya.

“Serta menjaga kepercayaan masyarakat dengan bekerja sepenuh hati dan ikhlas dalam melayani masyarakat nantinya,” ucapnya.

“Diharapkan pula, agar para kades yang terpilih ini bisa mempelajari dan memahami kewajiban dan wewenangnya, serta jalin komunikasi dan koordinasi dengan baik terutama ke pihak Badan Pemusyawaratan Desa (BPD),” pesannya.

Foto : Kepala DPMD Kabupaten Kukar Arianto.

“Dengan ada kegiatan ini, para Kades yang terpilih dapat membenahi sumber daya aparatur guna meningkatkan kualitas kinerja di lingkungannya,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Kepala DPMD Kabupaten Kukar Arianto menambah bahwa kegiatan ini berlangsung selama empat hari, mulai pada tanggal 19 hingga tanggal 23 Oktober 2022 nanti.

“Kegiatan di ikuti 87 kepala desa terpilih dan 24 orang diantaranya merupakan kades incumbent atau petahana, 64 orang lainnya kades baru dan satu kades hasil Pemilihan Antar Waktu (PAW) yakni Desa Perangat Selatan,” lanjutnya.

“Kegiatan ini bertujuan, guna meningkatkan pengetahuan sikap dan perilaku serta kemampuan dalam kewenangan melaksanakan tugasnya,” ucap Kepala DPMD Kabupaten Kukar ini.

“Dan pesertanya dari Kades yang lama dan kembali menjabat maupun Kades yang baru terpilih pertama kali ini,” sambungnya.

Arianto menjelaskan pula bahwa dengan terjadinya perubahan pelantikan Kades, maka kegiatan tetap terlaksana sesuai jadwal rangkaian Pilkades serentak 2022.

“Untuk pemateri dari Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Inspektorat serta mengundang DPMD Kaltim,” pungkasnya. (Adv/AI)

Loading