Agar Pelayanan Kesehatan Bisa Maksimal, Pemkab Kubar Resmikan RS Pratama Sendawar

SENDAWAR, Swarakaltim.com – Setelah lama di non’aktipkan, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) kembali meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Pratama Sendawar yang berlokasi di Jl. Sengkereaq Ingkih, RT. 002 Kecamatan Linggang Bigung, Selasa (6/12/2022).

Dengan diresmikannya penggunaan RSUD Pratama Sendawar itu menambah jumlah Rumah Sakit di Kabupaten Kutai Barat menjadi 3 unit. Dua diantaranya berstatus RSUD yakni RSUD Harapan Insan Sendawar (HIS) dan RSUD Pratama Sendawar serta Rumah Sakit Santa Familia yang merupakan rumah sakit swasta.

Bupati Kubar FX Yapan melalui sambutannya dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Faustinus Syadirahman mengatakan, keberadaan RS Pratama Sendawar nantinya untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat. ” Agar pelayanan lebih optimal lagi dengan resminya beroperasi RS Pratama Sendawar ini,” tuturnya.

Kata Bupati Kubar FX Yapan, agar pelayanan RS Pratama Sendawar nanti menyusun konsep pelayanan yang lebih baik serta dan lebih ramah. “Komitmen, perbaikan pelayanan yang ramah masyarakat, monitoring dan evaluasi kegiatan secara terus menerus dan harus dilakukan dalam upaya peningkatan tata kelola,” tegasnya.

Dia juga mengatakan seluruh komponen Rumah Sakit diharapkan mampu berkomitmen untuk membantu masyarakat dan membangun integritas kerja yang lebih baik, dimulai dari kemudahan pelayanan, menyediakan fasilitas yang lebih baik dengan semangat hospitality untuk kepuasan publik.

“Saya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap secara patuh dan disiplin melaksanakan protokol Kesehatan yang telah disosialisasikan kepada masyarakat baik oleh Pemerintah Daerah juga Pemerintah Pusat.

Untuk tetap saling menjaga dari terjangkitnya Covid-19 di Kutai Barat menjelang Perayaan Hari Natal dan Tahun Baru yang mana protokol Kesehatan ini sendiri merupakan salah satu upaya kita bersama,” harapnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Pratama Sendawar dr. Winardi menerangkan bahwa Rumah Sakit dibangun dalam dua tahapan, yakni pada tahun 2014 dilanjutkan pada tahun 2015 dekat anggaran bersumber dari bantuan keuangan provinsi Kalimantan Timur tahun 2014 dan tahun 2015 dengan peruntukan pembangunan rumah sakit kelas D Pratama.

Dan Rumah sakit selesai dibangun pada tahun 2015. Dan organisasi rumah sakit dibentuk pada tanggal 6 Mei 2020 berdasarkan Perbub Kubar Nomor 17 tahun 2020 tentang pembentukan kedudukan susunan organisasi tugas dan fungsi, serta tata kerja unit pelaksana teknis Daerah rumah sakit Umum Daerah kelas D Pratama Sendawar.

Pada Dinas kesehatan Kabupaten Kutai Barat organisasi rumah sakit ini berbentuk UPTD dari Dinas Kesehatan. “Pada tanggal 4 Juli 2022 rumah sakit telah beroperasional secara bertahap dalam pemberian pelayanan kesehatan sesuai dengan ketersediaan SDM dan peralatan kesehatan yang ada,” ujarnya.

Menyesuaikan kondisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan peralatan kesehatan yang tersedia maka pelayanan kesehatan yang tersedia di RSUD Pratama sendawar diselenggarakan secara bertahap saat ini, rumah sakit hanya dapat menyelenggarakan pelayanan kesehatan mulai dari Senin sampai dengan Sabtu dari pukul 08.00 hingga pukul 14.00 wita.

“Pelayanan yang diselenggarakan meliputi klinik umum, klinik gigi dan mulut, klinik KIA/KB, persalinan, rawat inap, dan rujukan,” tandasnya. (*Adv/iyn)

Penulis : Alfian
Editor : Redaksi
Publisher : Rina

Loading