DKB Gelar Balikpapan Manuntung Art Festival (BMAF) II di BSCC Dome

Loading

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Dewan Kesenian Balikpapan (DKB) menggelar Balikpapan Manuntung Art Festival (BMAF) II pada 20-22 Desember 2022. Nantinya sebanyak 16 peserta lomba tari kreasi yang hadir.

Menurut Sekretaris DKB, Yudi Valen mengatakan, gelaran festival seni budaya ini merupakan yang kedua kalinya setelah 2019 lalu. Di mana kegiatan ini sempat terhenti selama masa pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir. BMAF II ini sekaligus merupakan upaya menampilkan dan memperkenalkan seni budaya Balikpapan. Termasuk menunjukkan dukungan DKB terhadap pemindahan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur.

Adapun lokasi pelaksanaan di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome Jalan Ruhui Rahayu, Balikpapan Selatan.

“Untik BMAF dulunya dikampung seni. Namun kita mengikuti perkembangan lewat even BMAF di 2019. Ruang lingkupnya tidak lagi Balikpapan tapi regional dan nasional. Jadi nanti ada daerah lain juga yang turut berpartisipasi,” katanya kepada wartawan, Senin (19/12/’22).

Lanjut Yudi, diakui kegiatan BMAF II beberapa negara sudah siap hadir. namun dikarenakan kendala, sehingga dibatalkan. beragam kendala menyebabkan mereka. Meski demikian, ada dua daerah di Indonesia yang sudah memastikan hadir seperti Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, dan Kota Palu, Sulawesi Tengah.

“Peserta dari Malaysia sudah mau hadir dan juga negara lainnya. Namun terkendala waktu dan bulannya ini yang sangat mepet dengan tahun baru. Tapi mereka memberi masukan agar pelaksanaannya di bulan 9 atau 10. Mereka insyaAllah siap hadir di 2023,” tegasnya.

Yudi menambahkan, dalam pelaksanaan BMAF memang masih tergantung dengan bantuan anggaran dari pemerintah. Apalagi tahun ini bantuan anggaran berasal dari APBD perubahan tahun 2022. Adapun DKB menyatakan kesiapan menggelar BMAF III sesuai permintaan negara lain jika mendapatkan persetujuan anggaran hibah di APBD murni 2023.

“Tentinys kita berharap dan berdoa, agar tahun depan dapat dana hibah di APBD murni. Jadi bisa melaksanakan BMAF III di bulan yang mereka inginkan.” tutupnya.(*/db)