Persiapkan Pemilu 2024, KPUD Berau Lantik 112 PPS Untuk 4 Kecamatan Terdekat

Foto suasana pelantikan 112 anggota PPS oleh KPUD Berau .

TANJUNG REDEB, swarakaltim.com – Sebagai bentuk tahapan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Komisi Pemilhan Umum Daerah (KPUD) Berau langsung melantik 112 Panitia Pemungutan Suara (PPS). Namun pelantikan tersebut baru untuk 4 Kecamatan terdekat saja, sedangkan yang lainya menyusul. Pelantikan berlangsung di Aula Universitas Muhammadiyah Berau (UMB) Gedung C lantai 2, Jalan Murjani 2, Tanjung Redeb, Selasa (24/01/2023). 

Pada kesempatan itu, Ketua KPUD Berau, Budi Harianto menyampaikan harapanya, agar anggota PPS yang baru saja dilantik dapat meningkatkan sinergitas dalam menjalankan tugasnya. “Semua anggota PPS adalah sebagai perpanjangan tangan PPK untuk KPU 2024 yang dituntut kerja dalam waktu secara teliti, aman, dan sukses,” ungkap Budi. 

EMpat Kecamatan yang anggota PPS nya dilantik yaitu Kecamatan Teluk Bayur terdiri dari 6 kelurahan/kampung, Kecamatan Gunung Tabur untuk 11 kelurahan/kampung, Tanjung Redeb 6 kelurahan/kampung, dan Sambaliung 14 kelurahan/kampung. Anggota yang dilantik tersebut masing-masing 3 orang mewakili tiap kelurahan/kampung. 

“Jika tiap Kampung/Kelurahan diwakili 3 orang, artinya aka nada 300 orang anggotan PPS yang bakal dilantik untuk mengawal suksesnya Pemilu tahun 2024 mendatang. Tetapi, untuk saat ini baru kecamatan terdekat yang kita fokuskan,” terangnya. 

Budi juga menerangkan, untuk 9 kecamatan lainnya anggota PPS nya akan dilantik oleh komisioner atas nama ketua KPU. Secara gambaran umum PPS ini bertugas melaksanakan pemilihan umum di tingkat kelurahan kampung. Salah satunya adalah tahapan pembentukan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP). Sebagaimana diketahui, akan dilakukan tahapan perekrutan PPDP tanggal 26 Januari dan diikuti pelantikannya pada tanggal 6 Februari. 

“Untuk PPK dan PPS ini tidak dibatasi usia tertinggi, tapi usia minimal dibatasi sampai dengan 17 tahun boleh. Saya berharap, semoga anggota PPS yang dilantik ini dalam bekerja dan dapat mengikuti arahan yang telah disampaikan sehingga dapat melaksanakan tugas dengan sukses dan bersinegritas,” pungkasnya. (Nht/Asti).

Loading