DPRD Minta Produk UMKM Di Promosikan Lintas Sektoral

Foto beberapa produk produk UMKM Berau.

TANJUNG REDEB, swarakaltim.com – Tidak disangka dan diduga hasil produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Berau telah beredar luas di Kalimantan Utara (Kaltara). Berarti peluang pemasaran semakin terbuka lebar, tinggal bagaimana lebih menyebarluaskan produk produk yang ada dengan meningkatkan upaya promosi. Dalam hal promosi jangan hanya mengandalkan satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saja yakni Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag), namun Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bumi Batiwakkal meminta lintas sektor ikut terlibat.

Mengungkapkan hal itu Ketua Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) DPRD Berau Elita Herlina dalam perbincangan dikantor dewan Jl Gatot Subroto Kecamatan Tanjung Redeb, Senin (30/1/2023). “Fakta kalau produksi UMKM daerah kita banyak beredar di Kaltara, mengacu pada informasi diberikan oleh Diskoperindag Bulungan. saat di Bulungan. Menurut  mereka produk UMKM Berau sangat luar biasa baik dari kemasan dan kreasi yang digunakan unik serta berkualitas bagus. Sehingga wajar saja banyak beredar di Kaltara. Artinya tinggal promosi digencarkan, untuk meningkatkan pemasaran baik di wilayah Bumi Batiwakkal ini maupun keluar daerah,” ungkap Elita. 

Tidak jarang tambah beliau, jajaran produk UMKM olahan Sumber Daya Manusia (SDM) dari Berau ditemukan di berbagai supermarket. Salah satunya seperti cokelat olahan Kampung Merasa Kecamatan Kelay, yang hingga kini telah sampai ketingkat nasional peredarannya. Dirinya berharap, UMKM di Berau mampu mencontoh seperti olahan cokelat Merasa tersebut yang sudah dikenal ke daerah mana saja hingga kanca nasional. Bahkan tidak sedikit. Olahan cokelat Merasa dijadikan sebagai bahan souvenir. Makanya upayakan produk produk UMKM Berau pemasarannya diluaskan, selain dilakoni OPD teknis, hendaknya libatkan lintas sektor tuk promosinya.

“Jadi, baik promosi hingga pemasaran bagi seluruh produk UMKM lokal itu harus lintas sektoral, apalagi promosi lewat bidang Pariwisata. Jadi, tidak terbatas pada Dinas Perindagkop semata, namun berbagai celah harus dibuka sebagai perwujudan keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau melalui berbagai bidang bisa turut serta. Perekonomian bakal cepat bangkit apabila sektor UMKM maju pesat, apalagi dijoinkan dengan pariwisata kita yang saat ini terus menggeliat,” ujar Dewan yang juga merupakan Anggota Komisi II DPRD Berau, Elita Herlina. (Adv/Nht/Asti).

Loading