Anggota Komisi II DPRD Kaltim Ely Hartati Dorong Pemprov Kaltim Beri Program Pelatihan Khusus Untuk Generasi Muda.

Foto : Anggota Komisi II DPRD Kaltim Ely Hartati Rasyid. (Ist)

Ely Hartati Sebut Masyarakat Lokal Kaltim Harus Terlibat Pembangunan IKN.

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Bicara persoalan infrastruktur dalam Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Ely Hartati Rasyid menaruh harapan besar, karena dampak positif pembangunan IKN dapat mensejahterakan masyarakat Benua Etam, seperti serapan tenaga kerja.

Kendati demikian pada kenyataannya, Ely Hartati yang juga merupakan Legislator PDI Perjuangan ini mengakui bahwa pembangunan IKN masih kurang mengakomodir masyarakat Benua Etam.

“Misal, dalam pembangunan mess di wilayah IKN yang tiba-tiba sudah selesai dibangun,” bebernya kepada awak media belum lama ini.

“Seharusnya, masyarakat Kaltim lebih terlibat dan dapat berkontribusi, sehingga dapat merasakan dampak positif adanya IKN ini,” ucapnya.

Sebab itu, ia mendorong agar ke depan masyarakat kaltim lebih terlibat dan dapat berkontribusi, sehingga turut merasakan dampak positif dari hadirnya IKN.

“Kita akan dorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim agar memberikan program pelatihan khusus dalam peningkatan kemampuan kepada generasi muda, agar kedepannya dapat terlibat dalam proyek IKN ini,” ucapnya.

Wanita Kader senior PDI Perjuangan Kaltim ini mengatakan bahwa Pemprov Kaltim juga perlu mendata dan mencanangkan regulasi terkait keterlibatan pengusaha lokal Benua Etam dalam IKN, agar mengetahui dengan rinci partisiasi hingga serapan ekonomi pengusa lokal.

“Kalau perlu dibuat aturan melibatkan tenaga kerja lokal yang mengatur jumlah perusahaan lokal yang terlibat dalam IKN,” ungkapnya.

“Kita harus bisa ikut berperan dan mendapatkan hasilnya di IKN, guna menghindari isue miring soal tenaga kerja,” pungkasnya. (Adv/AI)

Loading