Dukungan Perpustakaan Nasional, Mobil Perpustakaan Keliling Untuk Kecamatan Maratua

Loading

Foto suasana saat Bupati Berau Sri juniarsih Mas berfoto didepan mobil perpustakaan keliling bantuan dari perpustakaan nasional.

TANJUNG REDEB, swarakaltim.com – Untuk meningkatkan minat pembaca pelajar, Kecamatan Maratua menerima mobil perpustakaan keliling dari perpustakaan pusat yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Berau Sri Juniarsih Mas kepada Camat Maratua Ariyanto Senin (06/03/2023). Sri Juniarsih menyampaikan, melalui penyerahan mobil tersebut diharapkan dapat bermanfaat dengan sebaik-baiknya untuk mengedukasi masyarakat agar gemar membaca di setiap waktu.

“Saya berharap, melalui perhatian Perpustakaan nasional dengan dibantu mobil perpustakaan keliling bisa membuat warga semakin rajin membaca, dengan begitu otomatis akan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) warga di Maratua,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Berau Ali Sadikin Atma menuturkan bahwa bantuan dan dukungan dari Perpustakaan nasional untuk pulau Maratua yang merupakan pulau terluar harus dimanfaatkan dengan baik, terutama peningkatan minat gemar membaca buku.

“Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan menjadi lebih baik, agar apa yang kita cita-citakan bersama masyarakat yang gemar membaca terlaksana di Kabupaten Berau khususnya di Pulau Maratua,” paparnya.

Berdasarkan data dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim, minat baca untuk Kabupaten Berau masih kurang yakni di bawah 40 persen. Oleh karena itu, hal tersebut menjadi bagian dari tugasnya untuk terus mendorong minat baca di Kabupaten Berau.

“Kita juga berharap, Dinas-Dinas terkait juga dapat bersinergi untuk ikut serta mensosialisasikan gemar membaca di kalangan masyarakat. Tidak hanya mobil, melainkan alat pendukung lainnya dan buku-buku juga ikut diserahkan,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Maratua Ariyanto juga turut mengungkapkan bahwa, sebelumnya perpustakaan di Maratua sempat dikunjungi oleh Perpustakaan Provinsi Kaltim dan Kementerian beserta Wakil Gubernur Kaltim. “Beliau menyampaikan perpustakaan Kecamatan Maratua yang bernama Ka’Entoman yang merupakan bahasa daerah Bajau memiliki arti mengingatkan dan merindukan. Sehingga, kalau ada yang ingin membaca mereka akan ingat dan rindu,” imbuhnya.

Ariyanto juga menambahkan jika mobil perpustakaan keliling memang sudah dijanjikan Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi saat kunjungan ke Kecamatan Pulau Maratua, dan ini sudah diserahkan dan mungkin akan saya serahkan ke PKK Kecamatan,” pungkasnya. (Nht/Asti).