Bertambah Dewasa, Pemadam Kebakaran, Satpol PP dan Satuan Perlindungan Masyarakat, Kinerjanya Semakin dapat Diandalkan

Loading

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud, pimpin apel peringatan Hari Ulang Tahun ke-104 Pemadam Kebakaran, dan HUT ke-73 Satuan Polisi Pamong Praja dan HUT ke 61 Satuan Perlindungan Masyarakat. Bertempat di halaman Kantor Pemkot Balikpapan. Pada pelaksanaan Apel itu dihadiri unsur forkopimda, Sekda , Asisten dan Kepala OPD dilingkungan Pemkot Balikpapan.Jumat(17/3/’23)

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Masud dalam sambutanya, atas nama pemerintah kota dirinya mengucapkan selamat memperingati hari ulang tahun Satuan Pemadam Kebakaran, Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat.

“Semoga di usia yang semakin dewasa, kiprahnya dapat semakin diandalkan dalam rangka membantu mewujudkan Balikpapan sebagai rumah yang nyaman dihuni,” ujarnya Lanjut Rahmad, sebagai perangkat daerah yang menjadi barisan terdepan dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat khususnya dalam kondisi darurat, pemadam kebakaran telah menunjukkan dedikasi yang luar biasa.

Rahmad menambahkan, tugas-tugas pemadam kebakaran yang kompleks agar pelaksanaannya dapat diselenggarakan secara maksimal di daerah diperlukan suatu bentuk kelembagaan yang mandiri. “Faktanya berdasarkan laporan nasional, pemadam kebakaran dan penyelamatan tahun 2022 yang kami terima sampai saat ini baru terdapat 120 kabupaten kota dan 1 provinsi yang telah memiliki dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan mandiri,” tegasnya.

“Untuk itu dirinya meminta ini menjadi perhatian kita bersama, khususnya pemerintah daerah sebagai ujung tombak yang menyediakan layanan dasar kepada masyarakat,” sambungnya.

Rahmad menambahkan, keterlibatan aktif masyarakat sangat dibutuhkan, oleh karena itu Kementerian Dalam Negeri telah memberikan panduan melalui Kepmendagri nomor 364.1-306 tentang pedoman pembentukan relawan pemadam kebakaran yang tujuannya untuk melibatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan, penanggulangan kebakaran dan penyelamatan.

“Berdasarkan data dalam aplikasi redkar, saat ini tercatat total jumlah relawan sebanyak 23.545 anggota yang tersebar di seluruh Indonesia,” akunya.

Peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas kali ini jadikan momentum untuk menyatukan prinsip dengan mengkonsolidasikan penyelenggaraan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat baik dalam rangka memperkuat pertumhuhan ekonomi.

“Namun perlu kita perhatikan bersama bahwa data dana moneter internasional memperkirakan ekonomi global tahun 2023 tumbuh diangka 2,9 persen,” akunya.
Rahmad menambahkan, pihaknya juga mengapresiasi kepada segenap jajaran satuan Damkar,Satpol PP, dan Satlinmas Kota Balikpapan atas dedikasi dan pengabdiannya selama ini.

“Semoga berkat kinerjanya pembangunan dapat berjalan baik,sehingga Kota Balikpapan dapat terus tumbuh berkembang menjadi Kota yang bukan hanya berfungsi sebagai penyangga IKN,” ujarnya.
“Tetapi juga sebagai tujuan wisata, pusat bisnis, daerah investasi, dan yang paling penting sebagai rumah yang nyaman bagi kita semua,” tutupnya.(*/pr-pk’23)