Tingkatkan Ilmu Pengetahuan Tentang Hak Keuangan Administratif, Pimpinan Dan Anggota DPRD Berau Ikuti Workshop

Foto bersama seluruh anggota DPRD Kabupaten Berau dan suasana saat workshop berlangsung

TANJUNG REDEB, swarakaltim.com – Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Berau terus berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) nya. Dimana tahun 2023 ini, ilmu pengetahuan tentang hak keuangan administratif pimpinan dan anggota DPRD yang diperdalam dengan mengikuti kegiatan workshop atau bimbingan teknis (bimtek) bertempat di ball room Hotel Swiss-Bel in Tunjungan No. 101 Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur dari tanggal 28 sampai dengan 31 Mei 2023.

Nampak pada kegiatan yang diinisiasi oleh Sekretariat DPRD Berau bersama Asosiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI) tersebut dihadiri secara langsung oleh Ketua DPRD Berau Madri Pani, Wakil Ketua I DPRD Berau Syarifatul Sya’diah, Wakil Ketua II DPRD Berau Ahmad Rifai, para anggota DPRD Berau, Sekretaris DPRD Berau Abdurrahman U, dan pengurus ADKASI.

Selain mengikuti kegiatan, Ketua DPRD Madri Pani juga membuka dan menutup secara resmi pelaksanaan workshop. Dimana pada kesempatan itu tokoh politik Partai Nasional Demokrat (Nasdem) tersebut menyampaikan dari adanya kegiatan sangat berharap akan menambah referensi, wawasan dan ilmu pengetahuan bagi seluruh anggota DPRD Bumi Batiwakkal, khususnya didalam mengelola aspirasi dari masyarakat. “Tujuannya agar Dewan dapat berbuat, serta bekerja untuk kesejahteran dan kemakmuran masyarakat Berau,” ungkap Madri Pani.

Selanjutnya juga disampaikan bahwa keberpihakan anggota DPRD sebagai wakil dari masyarakat sangat diperlukan dalam proses pembahasan anggaran, mulai dari tingkat proses penyusunan APBD, pembahasan, pengawasan, dan sampai dengan pertanggung jawabannya pengelolaan anggaran. DPRD memiliki fungsi mulai dari pembentukan peraturan daerah (Perda), anggaran, dan pengawasan. “Sehubungan dengan fungsi tersebut, DPRD mempunyai hak dan kewajiban, serta tugas dan wewenang, baik secara individual maupun institusional,” kata Ketua Dewan Berau.

Kemudian, peran dan fungsi DPRD sangat penting dalam mengawal lembaga eksekutif daerah serta mendorong dikeluarkannya kebijakan publik yang partisipatif dan dapat mensejahterakan bagi masyarakat luas. Mengingat peran dan fungsi yang sangat strategis tersebut, maka setiap anggota DPRD dituntut untuk memiliki kapasitas dan kompetensi yang memadai dalam rangka turut serta untuk menjalankan fungsi dan tugasnya sebagai wakil rakyat.

Terealisasinya kegiatan ini dalam rangka orientasi dan pendalaman tugas pimpinan dan anggota DPRD selian tentang Hak Keuangan Administratif Pimpinan dan anggota DPRD, juga Peraturan Menteri Keuangan Nomor 19 Tahun 2023 tentang Penyaluran DAU dan DBH ini sangat penting dilaksanakan dalam upaya meningkatkan pemahaman, kemampuan, kapasitas, dan kapabilitas yang harus dimiliki oleh setiap anggota DPRD untuk memahami setiap aturan yang terus mengalami perubahan dan dinamika.

Apa lagi dengaan terbitnya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 19 Tahun 2023 tentang Penyauran DAU dan DBH, yang mana dalam peraturan tersebut untuk dapat meningkatkan pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja negara, dan anggaran pendapatan dan belanja daerah yang sehat, efisien, dan efektif untuk pengendalian kas dalam mengoptimalkan belanja pemerintah secara non tunai. Dengan memahami aturan secara baik dan benar, saya percaya bahwa kita sebagai wakil masyarakat akan bisa mengemban tugas dengan baik pula sesuai dengan apa yang telah kita emban dipundak masing-masing sebagai wakil masyarakat yang harus memperjuangkan aspirasi masyarakat.

“Karena itu saya meminta seluruh Wakil Rakyat Bumi Batiwakkal bisa mengikuti workshop secara baik dan tuntas, dengan penuh perhatian agar mampu menumbuh kembangkan pola pikir, pola sikap, dan prilaku kita sebagai wakil masyarakat yang ada di lembaga legeslatif dalam mengelola sistem penganggaran yang akuntabel, partisipatif, dan transparansi,” jelas beliau lagi.

Lanjut Madri, kegiatan ini harus menjadi sebuah proses pembelajaran, pengaplikasian, dan juga untuk dapat menambah ilmu pengetahuan bagi seluruh anggota DPRD Berau. Melalui workshop ini juga diharapkan sebagai penguatan kelembagaan yang merupakan sebagai tolak ukur, dan sebagai ujung tombak perwakilan masyarakat dalam menampung, dan memperjuangkan aspirasi masyarakat. “Selanjutnya juga sebagai tolak ukur dan kinerja kita sebagai wakil rakyat didalam melaksanakan kegiatan pergerakan roda pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pemberdayaan masyarakat, dan pembinaan kemasyarakatan yang ada dimasing-masing konstituennya,” papar Petinggi di DPRD Berau itu.

Pada kesempatan itu atas nama lembaga DPRD Kabupaten Berau Madri juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada para narasumber dan pemateri dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, motivator, serta seluruh Dewan Pengurus Nasional (DPN), ADKASI atas kesediaan curahan waktu, tenaga, dan pikiran dalam pelaksanaan Workshop ini, sehingga kegiatan terlaksana dengan baik, aman, dan lancar.

Pemateri dalam Bintek itu dari Analisis Kebijakan Pusat dan Daerah Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Akhmad Edwin) yang menyampaikan materi tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017 sebagaimana yang telah diubah menjadi Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2023, kemudian Analisis Kebijakan Pusat dan Daerah Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Daerah Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Sutarto) yang menyampaikan materi tentang Kebijakan Pengaturan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah, serta Kebijakan Penggunaan dan Penyaluran Dana Alokasi Umum (DAU) Tahun Anggaran 2023.

Hari terakhir pelaksanaan kegiatan workshop narasumber yang merupakan salah satu motivator dan juga merupakan salah satu dokter spesialis RSUD dr. Soetomo Surabaya yang biasa akrab dipanggil dengan dr Agus Ali Fauzi dengan materi : “Bagaimana Cara Mengelola Pikiran dan Perasaan Positif untuk menjadi SDM yang bahagia dan berdaya guna”. Materi yang disampaikan sangat menarik, sehingga membuat seluruh anggota DPRD Kabupaten Berau sangat semangat mengikuti dan menerima materi dari salah satu motivator terbaik yang dimiliki oleh Kota Pahlawan Surabaya tersebut, hal ini dikarenakan bahan materi yang diberikan kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Berau disisipkan sisi spritual untuk menambah khasanah dan ilmu pengetahuan yang baik bagi seluruh anggota DPRD Berau.

Menurut beliau, bahwa salah satu kunci yang terbaik didalam kehidupan ini sumbernya berasal dari pikiran, sehingga kita harus mengelola pikiran secara baik, agar terhindar dari segala macam penyakit dan stres. Serta kunci kebahagian jika ingin hidup sehat antara lain : jangan egois, jangan sensi, jangan emosi, dan jangan membenci. Bila ini diterapkan pasti hidup kita akan baik, dan terhindar dari penyakit. (Nht/Humas DPRD).

Loading