Lahan Seluas 1,5 Hektar di Hibahkan Pemkot, Membangun SMP di Kecamatan Balikpapan Timur

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Wakil Ketua DPRD Kota Balipkapan Subari memastikan lahan seluas 1,5 hektare lahan akan dihibahkan kepada Pemerintah Kota Balikpapan untuk merealisasikan pembangunan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kawasan Kecamatan Balikpapan Timur.

“Dalam waktu dekat, kita juga berencana akan meninjau lokasi dengan Dinas Pendidikan Kota Balikpapan, terkait rencana hibah dari developer Batakan Permai yang luasnya mencapai 1,2 hektare, masih mau ditambah lagi. Jadi ada sekitar 1,5 hektare,” ujar Subari usai memimpin sidang paripurna DPRD Kota Balikpapan, Selasa (13/6/2023).

Subari menjelaskan, adapun rencana ini merupakan upaya untuk menindaklanjuti program penyediaan fasilitas pendidikan bagi masyarakat terutama di kawasan Kecamatan Balikpapan Timur yang masih minim.

“Kawasan Balikpapan Timur yang merupakan kawasan berkembang, mudah-mudahan di tahun 2024 ini bisa kita kejar. Kita bisa alokasikan anggaran untuk pembangunan SMP yang baru di kawasan tersebut yang akan disebut sebagai SMP 27. Hal ini tentunya perlu kita kawal, supaya cepat dibuatkan hibahnya, sebelum pihak pengembang ini berubah pikiran. Secara umum saya sudah lihat tanah ini cukup strategis dan bagus,” tegasnya.

Subari menambahkan, adapun upaya penyediaan fasilitas pendidikan ini juga merupakan salah satu catatan dari sejumlah fraksi dalam pandangan akhir terhadap Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Wali Kota Balikpapan.
Karena masalah ketersedian fasilitas pendidikan ini menjadi persoalan utama dalam menyukseskan Pelaksanaan Penerimaan Didik Baru (PPDB). Ketersediaan sekolah yang tidak berbanding lurus dengan jumlah anak didik yang naik jenjang dari SD ke SMP menjadi persoalan utama.

“Pada dasarnya tadi semua fraksi menerima, meskipun tadi ada dari satu fraksi yang menerima dengan berat hati terkait laporan pertanggungjawaban yang dilaporkan oleh Walikota Balikpapan. Terutama menyangkut masalah ketersediaan sekolah di antaranya di kawasan Balikpapan Tengah dan di kawasan Balikpapan Timur,” tutupnya.(db)

Loading