Aktivitas Tambang Dihentikan, PT Kedap Sayaaq Rayakan HUT RI ke 78

Caption : Govrel And Condev PT Kedap Sayaaq Wilhelmus

Caption: Govrel And Condev PT Kedap Sayaaq Wilhelmus

SENDAWAR, Swarakaltim.com – Karyawan perusahaan tambang batubara PT Kedap Sayaaq (KS), termasuk sub kontraktornya mengikuti upacara hari kemerdekaan RI ke 78 yang digelar hari ini, Kamis (17/8/2023) sekitar pukul 07.30 Wita.

Jalannya upacara HUT RI ke 78 berjalan dengan hidmat dan begitu terasa, karena berlangsung di halaman Kantor PT Kedap Sayaaq site tukul, Kecamatan Long Iram, Kabupaten Kutai Barat.

Govrel And Condev PT Kedap Sayaaq, Wilhelmus mengatakan, semua aktivitas tambang dihentikan untuk melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 tahun 2023.

“Tak ada satu pun alat yang bergerak saat pelaksaan upacara hari kemerdeakaan. Semua terhenti karena semua karyawan melaksanakan upacara kemerdekaan yang dipimpin langsung Humas Resource Developmen (HRD) PT Kedap Sayaaq Uus R Husana,” ujar Wilhelmus.

“Sementara Kepala Teknik Tambang (KTT) PT Kedap Sayaaq si pak Aris Arnanto telah mewakili perusaan menghadiri undangan Pemkab Kubar untuk mengikuti apel HUT RI di Alun alun ITHO Sendawar,” tutur Wilhelmus.

Wilhelmus yang juga merupakan tokoh masyarakat Adat di Bumi Tanaa Purai Ngeriman ini menegaskan, karena pekerja tambang di PT Kedap Sayaaq merupakan bagian dari masyarakat kampung lingkar tambang yakni Tukul, Long Daliq, Long Iram dan Keliwai.

Maka dari itu Wilhelmus menerangkan, perusahaan tambang batubara yang satu satunya memiliki PT nama dayak diwilayahnya ini, harus turut serta merayakan dan memperingati hari ulang tahun kemerdekan Indonesia yang sudah mencapai ke 78 tahun 2023.

“Kita adalah pekerja tambang, dan ini sebagai bentuk perayaan HUT RI ke 78. Karena kami pekerja tambang dan wilayah Kubar saat ini identik dengan tambang batubara, maka semua pekerjaan kami hentikan untuk merayakan hari kemerdekaan RI ke 78 ini,” tandas Wilhelmus.

Untuk diketahui dalam rangka memperingati HUT RI ke 78, PT Kedap Sayaaq juga melaksanakan berbagai perlombaan bagi pekerja tambang, seperti lomba balap karung, tarik tambang, lomba masukin paku ke botol, serta perlombaan lainnya.

Penulis : Alfian

Editor : Redaksi

Publisher : Rina

Loading