Kabut Asap Selimuti Kutai Barat, Puluhan Penumpang Pesawat Wings Air Batal Terbang

Caption: Situasi di bandara melalan sendawar terlihat sepi, akibat kabut asap tebal mengganggu jadwal penerbangan, Senin (2/10/2023).

SENDAWAR, Swarakaltim.com – Kebakaran hutan dan lahan membuat penerbangan armada pesawat Wings Air rute Balikpapan ke Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), terpaksa dibatalkan karena jarak pandang pesawat yang minim akibat tebalnya kabut asap.

Adapun calon penumpang dari Balikpapan ke Kubar sebanyak 70 orang dan 44 orang calon penumpang dari Kubar ke Balikpapan, terpaksa dibatalkan, hal itu dijelaskan Kepala Seksi Teknik Operasi Keamanan dan Pelayanan Darurat (TOKPD) Bandara Melalan, Aulia M Negara, kepada awak media, Senin (/2/10/2023), pukul 14.00 WITA.

“Penerbangan pesawat ditunda, saat ini jarak pandang hanya dibawah satu kilometer. Hal ini dikarenakan kabut asap tebal dan sangat beresiko untuk lepas landas serta pendaratan pesawat,” tutur Aulia.

Ia menjelaskan, kejadian serupa sudah dua kali. Meski demikian dari Kementerian Perhubungan diwilayah Kaltim, belum mengeluarkan pernyataan larangan terbang, karena kondisi saat ini masih dianggap belum membahayakan.

“Belum ada larangan untuk hal tersebut, karena yang terjadi kabut asap tebal hanya diwilayah Bamdara Melalan Sendawar saja. Sedangkan bandara di kabupaten kota lainnya khususnya di Kaltim masih normal,” imbuhnya.

Aulia juga menjelaskan, keputusan batal terbang ini diambil berdasarkan standar operasional prosedur (SOP) dari Kadin selaku pihak penyedia maskapai penerbangan. Kemudian apabila kondisi kabut asap semakin tipis dan jarak pandang aman untuk jalur penerbangan, maka semua aktivitas penerbangan akan kembali normal.

“Bagi calon penumpang juga di fasilitasi proses pengembalian dana (refund), perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku. Sehingga penerbangan akan dilakukan kembali setelah cuaca kambali nornal,” tandasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa seperti biasanya dalam keadaan normal, Pesawat Wings Air dijadwalkan terbang dari Balikpapan pukul 11.45 WITA dan mendarat di Kubar sekira pukul 12.45 WITA, dan akan kembali terbang sekitar 13.05 WITA.

Penulis : Alfian
Editor. : Redaksi
Publisher : Rina

Loading