Jaga Kelestarian Budaya Adat Dayak Basap, Warga Kampung Suaran Gelar Acara Melas Kampung

Foto suasana saat Bupati menghadiri acara melas adat Dayak di Kampung Suaran

TANJUNG REDEB, swarakaltim.com – Bupati Berau Sri Juniarsih Mas sangat mengapresiasi kegiatan kebudayaan Dayak Basap di Kampung Suaran sebagai bentuk Upaya untuk melestarikan budaya dan celah promosi wisata kedunia luar. Acara melas Kampung yang digelar di Kampung Suaran, Kecamatan Sambaliung pada Rabu (11/10/2023) juga dihadiri unsur DPRD, Forkopimda, kepala OPD dan undangan laiinnya.

Sri Juniarsih mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau memiliki komitmen kuat untuk senantiasa mendukung segala upaya pelestarian kebudayaan dan memberikan perhatian besar bagi aktivitas budaya Bumi Batiwakkal.

Sebagaimana, dituangkan dalam melalui dua program prioritas, yaitu program pembangunan pusat seni budaya dan pembangunan balai adat. Serta, program revitalisasi bangunan bersejarah meliputi keraton, makam, dan situs bersejarah.

“Saya sangat menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini, khususnya komunitas adat Dayak Basap, yang sampai saat ini masih terus bersemangat dalam mempertahankan tradisi adat untuk terus lestari,” ungkapnya.

Dikatakannya, suku Dayak Basap yang mayoritas hidupnya bergantung pada hasil bumi, menjadikan Melas Kampung ini dapat dimaknai sebagai momentum meningkatkan kesadaran bersama akan pentingnya menjaga alam dan lingkungan agar tetap terpelihara dan mendatangkan manfaat bagi semua pihak.

Melalui Melas Kampung ini, kata dia, mampu menyadarkan bahwa harus mengelola alam dengan bijaksana. Untuk itu, dirinya berharap untuk Kampung Suaran dan sekitarnya dapat menjadi kampung budaya.

“Agar destinasi wisata Berau tidak hanya berorientasi pada wisata alam semata, tetapi juga wisata budaya yang masih dilestarikan turun-temurun,” ujarnya.

Dengan adanya budaya kearifan lokal ini, diharapnya dapat menarik wisatawan yang datang ke kampung Suaran dan memberikan dampak positif kepada pendapatan asli daerah dan kampung dari sektor pariwisata.

Sehingganya, dirinya terus mendorong perangkat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, serta perangkat terkait untuk terus melakukan inovasi dan pemberdayaan masyarakat demi majunya sektor kepariwisataan Kabupaten Berau.

“Perlu diketahui, acara ini sudah masuk dalam event kalender pariwisata Kabupaten Berau, sehingga untuk Kampung Suaran saat ini berstatus Kampung Maju, tegas Bupati.

Beliau mengharapkan, semua kampung dapat terus memaksimalkan seluruh potensi yang ada, sehingga ke depan bisa menjadi Kampung Mandiri yang berprestasi dan semakin mensejahterakan masyarakatnya. (Nht/Asti).

Loading