Desa Pela Masuk 15 Besar Lomba Desa Wisata Nusantara

Desa Pela Masuk 15 Besar Lomba Desa Wisata Nusantara.

KUTAI KARTANEGARA, Swarakaltim.com – Desa Pela, Kecamatan Kota Bangun salah satu daerah di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang memiliki potensi wisata ini masuk dalam nominasi 15 besar lomba Desa Wisata Nusantara.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar Arianto melalui Kabid Pendayagunaan Sapras, SDA dan TTG, Atih Hayati Mengatakan, bahwa telah dilakukan penilaian oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa) Direktorat Jendral Pembangunan Desa.

“Alhamdulillah Desa Pela masuk dalam 15 besar Lomba Desa Wisata Nusantara,” kata Atih Hayati Sabtu (18/11/2023).

Atih menjelaskan, bahwa Wisata pedesaan merupakan kegiatan yang hanya menekankan kepada kegiatan wisata dan obyek wisata yang ada di desa.

Kata dia, kegiatan wisata tersebut tidak terfokus pada kegiatan masyarakat di dalamnya.

Sementara itu desa wisata (tourism village) menekankan pada interaksi dengan masyarakat setempat.

“Tidak harus memiliki Objek Wisata, Desa Wisata bisa dilakukan dengan mengexplor kegiatan sehari-hari masyarakat seperti di Hulu Mahakam bisa menjual paket wisata memancing dialam atau bercocok tanam di lahan gambut dan hal tersebut dikelola oleh BUMDES setempat”imbuhnya.

Atih mengatakan, nantinya akan diserahkan Piagam dan Lencana Satya untuk 30 kepala desa yang masuk dalam 15 besar.

Kemudian, akan diberikan juga Piagam serta Lencana Bakti untuk 30 bupati yang desanya masuk dalam 15 besar pada Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023.(adv-kominfo kukar/bio/dho)

Loading