Pemkab Kubar Juara Nasional Peringkat I Anugrah Legislasi Tahun 2023

SENDAWAR, Swarakaltim.com – Pemkab Kubar Juara Nasional, Peringkat I Penghargaan Anugerah Legislasi 2023 tingkat Kabupaten Kota Se Indonesia. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly, dalam acara Anugerah Legislasi Tahun 2023 di Ballroom Hotel Grand Mercure Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Pemberian penghargaan Peringkat I, tingkat Kabupaten Kota se Indonesia kepada Pemkab Kubar karena dinilai sudah taat dan berhasil dalam tata kelola/Administratif dalam menyusun lebih dari 500 produk hukum daerah yakni Perda dan Perkada.

“Peraturan Daerah adalah peraturan perundang-undangan yang dibentuk oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dengan persetujuan bersama Bupati. Peraturan Kepala Daerah adalah Peraturan yang ditetapkan oleh Kepala Daerah sebagai pelaksanaan Peraturan Daerah,” terang Kepala Bagian Hukum Adrianus Joni.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Bagian Hukum Adrianus Joni SH MM mengharapkan dengan penghargaan tersebut kedepan akan terus berupaya untuk meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat dalam hal legislasi produk hukum daerah, disamping itu juga meningkatkan kunantitas, kualitas dan ketaatan adminitratib thd proses penerbitan produk hukum melalui bag hukum setkab kubar Kubar, pemda kubar sendiri mengeluarkan Perda dan Perkada dalam setahun lebih dari 500 produk Hukum daerah.

Selanjutnya Asisten III Administrasi Umum Sahadi S HUT menyampaikan sesuai harapan Menteri Hukum dan HAM, dimana saat ini banyak aturan yang tidak sinkron, oleh sebab itu Kemenkumham, melalui anugerah legislasi melakukan sinkronisasikan aturan-aturan yang ada.

Secara khusus Asisten III berharap kedepan Kubar bisa lebih banyak menghasilkan serta mempertajam produk hukum dan taat terhadap hukum serta tertib administrasi dalam legislasi hukum di daerah.

“Bagian Hukum tentu diharapkan bisa meningkatkan kinerja untuk mempertahankan penghargaan yang sudah kita peroleh. Berkaitan dengan kegiatan penghargaan yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Kemenkumham, dimana Kubar mendapat juara Nasional tentu kedepan harus lebih mencermati untuk persiapan diri, karena setiap tahun pasti ada perubahan dan peningkatan parameter penilaian,” tutup Asisten III. (Adv)

Penulis : Alfian
Editor. : Redaksi
Publisher : Rina

Loading