Dishub Dihimbau Jaga Keselamatan Masyarakat Yang Akan Menyeberang Dengan Rutin Rawat Setiap Dermaga Penyebrangan

TANJUNG REDEB, Swarakaltim.com – Dalam area perkotaan terdapat beberapa dermaga penyebrangan, dan setiap hari fasilitas umum itu selalu dimanfaatkan masyarakat. Sehingga perlu adanya perawatan rutin pada setiap dermaga guna menjaga keselamatan dan keamanan masyarakat saat akan menyebrang maupun balik.

Mengungkapkan hal itu Anggota Komisi III DPRD Berau, Suriansyah dalam perbincangan dikantornya, Kamis (29/11/2023). “Jadi untuk dalam Kecamatan Tanjung Redeb ada beberapa dermaga yakni rajanta, sanggam dan lainnya. Karena menyangkut keselamatan warga yang akan menyebrang di setiap dermaga, harap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau melalui Organsasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yakni Dinas Perhubungan (Dishub) memperhatikan fasilitas tersebut dengan seksama,” jelasnya.

Himbaun lain tambahnya, harap Dishub harus menginventarisasi dermaga mana saja yang sekiranya perlu ditingkatkan. Jadi bukan hanya dermaga rajanta saja kedepan mendapat perhatian OPD teknis namun juga dermaga lainnya. Intinya keamanan dan kenyaman bagi masyarakat itu penting saat mereka menggunakan fasilitas umum tersebut.

“Karena tanggungjawab atas dermaga yang ada, perlu dipahami bersama bukan hanya peranan pemerintah tetapi juga para motoris ketinting, speed maupun kapal klotok termasuk masyarakat sebagai pengguna dermaga. Kami berharap jangan sampai dermaga penyebrangan sampai ada menelan korban baru ambil tindakan dengan lakukan perawatan. Jadi hendaknya, rutin diperhatikan sehingga kerusakan sekecil apapun cepat diketahui guna diperbaiki,” papar Dewan asal Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) itu.

Sebagaimana langkah telah Dishub lakukan terhadap dermaga rajanta, dimana diporsikan anggaran untuk merenovasi sekaligus perbaiki kerusakan pada fasilitas tersebut.

“Saya apresiasi apa yang terlah dilakukan oleh Dishub. Dengan direnovasinya dermaga rajanta, setidaknya masyarakat yang menunggu untuk menyebrang dari Kecamatan Gunung Tabur ke Tanjung Redeb dan sebaliknya akan lebih aman dan nyaman,” imbuh Suriansyah. (Adv/Nht/*)

Loading