Kejati Kaltim Gelar Rakorda Tahun 2023, Hari Setiyono Ingatkan Tugas Dan Kewajiban Para Jaksa.

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) telah Rapat Kerja Daerah (Rekerda) Tahun 2023, di Hotel Aston Samarinda Jalan Pangeran Hidayatullah Kelurahan Pelabuhan Kecamatan Samarinda Kota, Kamis (7/12/2023).

Dalam kegiatan ini di buka Kepala Kejati (Kajati) Kaltim Hari Setiyono, dan di hadiri Wakil Kepala Kejati Kaltim Roch. Adi Wibowo, para Asisten, Kabag TU, para koordinator, para Pejabat Eselon IV Kejati Kaltim dan para Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) beserta para Pejabat Eselon IV Kejari se-Kaltim dan Kalimantan Utara (Kaltara).

Dalam keterangan pers release “SIARAN PERS Nomor : 105/O.4.3/Penkum/12/2023” Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Hukum (Penkum) Kejati Kaltim Toni Yuswanto menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan mengangkat tema “Optimalisasi Capaian Kinerja untuk Penegakan Hukum Yang Tegas Dan Humanis “.

Pada kesempatan ini, Kajati Kaltim Hari Setiyono menyatakan bahwa dengan melalui Rakorda ini, di harapkan dapat mampu menciptakan penguatan kelembagaan yang lebih baik.

“Guna mendorong Kejaksaan sebagai institusi penegak hukum yang profesional, dan bermartabat” lanjutnya.

“Dan sekaligus terpercaya, agar mampu menerjemahkan beragam ekspektasi dan tuntutan masyarakat, dengan kehadiran penegakan hukum, yang berkualitas dan humanis, dalam rangka tegaknya supremasi hukum di Negara Republik Indonesia yang kita cintai ini,” lanjut Kajati saat memberikan sambutannya.

Ia (red, Kajati Kaltim) menyebutkan bahwa Para Kajari se-Kaltim dan Utara (Kaltimtara) harus memiliki tanggung jawab moral untuk bersungguh-sungguh bekerja keras dalam penanganan dan penyelesaian perkara, mampu memenuhi rasa keadilan dan kepastian hukum kepada masyarakat di Kaltimtara.

“Setiap insan Adhyaksa selalu melaksanakan dan mengemban tugas dengan sebaik-baiknya, tegas, bersemangat, konsisten dan tidak diskriminatif serta menegakan keadilan sesuai peraturan perundang-undangan,” imbuhnya.

“Hal itu, dapat kita laksanakan jika segenap aparatur Kejaksaan, senantisa berjiwa pengabdian disertai kemampuan profesional dan integritas serta disiplin yang tinggi, maka tugas dan kewajiban dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

“Para Kajari se-Kaltimtara dalam hal penyerapan anggaran, tidak ada lagi anggaran sarana dan prasanarana yang tidak dapat terserap,” ucap Kajati Kaltim.

Saat ini, walayah Kaltim sedang menjadi sorotan nasional bahkan dunia internasional, karena kiblat ibukota RI akan dipindahkan ke wilayah Kaltim.

Untuk itu lanjut Kajati Kaltim Hari Setiyono, tentunya Kejati Kaltim dituntut dapat berperan aktif dalam rangka pengamanan Proyek Strategis Nasional (PSN) terkait dengan rencana pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), diwilayah Kaltim ini.

“Semoga Kejati Kaltim, dapat mengukir prestasi menjadi bagian dari sejarah pembangunan IKN dimasa yang akan datang,” pungkasnya. (ai)

Loading