Mampu Mengejar Impian Berkiprah di Industri Pertambangan, Buah dari Semangat Meningkatkan Kualitas Diri

Foto 1, Bernard Adelson P saat menjalani aktifitasnya di PT Apex Mitra Prima, tengah melakukan pengawasan by mining eyes

TANJUNG REDEB, Swarakaltim.com – Kerja keras menggapai impian perlu dilakukan, sebagaimana perjuangan Bernadh Adelson Pandiangan, alumnus berprestasi dari program studi Teknologi Rekayasa Logistik Politeknik (Poltek) Sinar Mas (Simas) Berau Coal. Karena terus memupuk semangat guna meningkatkan kualitas diri, akhirnya membuahkan hasil. Kini, pemuda asal Rinding Kecamatan Teluk Bayur tersebut telah bekerja di salah satu mitra kerja PT Berau Coal yaitu PT Apex Mitra Prima sebagai Safety Foreman di site Binungan.

Ternyata bekerja di industri pertambangan merupakan impian Bernadh saat masih berada di bangku perkuliahan. Terwujudnya mimpi tersebut tidak lepas karena dirinya tersuport atas pemberian beasiswa penuh dari Poltek Simas Berau Coal serta mendapatkan pendidikan yang berkualitas unggul. Menurut Bernandh, sistem perkuliahan yang diterapkan di Poltek Simas Berau Coal memberikan kemudahan bagi mahasiswa/i untuk menyerap ilmu serta praktik di dunia kerja.

“Berkat didukung sistem perkuliahan di Poltek Simas Berau Coal dengan 30 persen teori dan 70 persen praktek lapangan. Di mana dengan sistem perkuliahan tersebut mampu mambuat mahasiswa/i yang menjalani dapat dengan mudah memahami dan mempelajari setiap ilmu yang diberikan dan mengimplementasikan ilmu tersebut didunia bekerja dengan baik,” jelasnya.

Selama menempuh pendidikan, Bernandh tidak hanya mengasah hard skill melalui perkuliahan, pemuda tersebut juga aktif mengasah soft skill-nya melalui organisasi, lomba, event dan beragam kegiatan lainnya di Poltek Simas Berau Coal. Kegiatan yang paling berkesan bagi Bernadh adalah kegiatan Bintalsik di mana ia dibentuk dari segi fisik dan mental.

“Momen yang berkesan yaitu saat mengikuti kegiatan Bintalsik yang di mana di situ saya ditempa dan dibentuk dari segi mental dan fisik, untuk dipersiapkan menghadapai dunia pekerjaan sehingga saya bisa menjadi pribadi yang disiplin dan dapat bertanggung jawab dalam berbagai aspek,” ungkapnya.

Foto 2, Foto Bernard Adelson Pandiangan

Masih Bernadh, setelah lulus dari Politeknik Sinar Mas Berau Coal, ia terus mengasah diri agar semakin siap bekerja dengan mengikuti kegiatan yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal yaitu Program Pelatihan Pengawas Keselamatan Pertambangan (P3KP) selama 1 tahun untuk meningkatkan pengalaman talenta-talenta lokal, setelah itu ia langsung ditempatkan di salah satu perusahaan subkontraktor PT Berau Coal yaitu PT Apex Mitra Prima. Bernadh mengaku senang karena bisa bekerja di lingkup PT Berau Coal serta dapat bertemu dan belajar langsung dari orang-orang yang berpengalaman di bidangnya.

“Di sini saya banyak belajar dengan beliau-beliau yang membuat saya juga dapat berkembang dalam segi komunikasi serta ilmu karena dapat bertukar pikiran, wawasan, dan pendapat,” tegasnya.

Tidak lupa, dirinya juga menyampaikan pesan kepada teman-teman yang sedang menempuh pendidikan untuk semangat dan terus meningkatkan kualitas diri.

“Jadi jangan berpatok dengan tempat kita menempuh pendidikan tetapi bagaimana cara kita dalam menjaga kualitas diri di mana pun berada dengan menjunjung tinggi nilai-nilai norma sosial yang berlaku dan terus meningkatkan kualitas diri dengan banyak hal positif,” ujar Bernadh.

Terpisah, Community Base Development PT Berau Coal, Reza Hermawan menjelaskan pentingnya peran Politeknik Sinar Mas Berau Coal dalam mempersiapkan dan membina Sumber Daya Manusia (SDM) lokal. Pendirian Poltek tersebut bertujuan untuk memberikan keahlian dan keterampilan kepada mahasiswa, sehingga mereka dapat siap kerja dan bersaing secara global. PT Berau Coal, melalui program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat, yaitu pilar pendidikan, memberikan dukungan finansial kepada mahasiswa berprestasi atau kurang mampu dengan memberikan beasiswa.

“Contoh sukses seperti Bernadh Adelson Pandiangan, yang kini sudah bekerja di salah satu perusahaan setelah menyelesaikan kuliahnya di Poltek Simas Berau, menunjukkan bahwa investasi dalam pendidikan dapat menghasilkan lulusan yang siap terjun ke dunia kerja,” jelas Reza.

Dikatakannya juga, pemberian beasiswa bukan hanya menjadi bentuk dukungan finansial, tetapi juga menjadi kontribusi nyata PT Berau Coal dalam mendorong semangat belajar dan menciptakan pendidikan yang merata. Hal ini sejalan dengan tujuan Pemerintah Daerah untuk menyiapkan SDM yang siap kerja, handal, dan profesional.

“Kami bangga terhadap prestasi para alumni Politeknik Sinar Mas Berau Coal. Harapannya, ilmu yang didapatkan oleh para alumni dapat bermanfaat dan mendorong mereka untuk berkontribusi pada kemajuan daerah,” imbuhnya.

Secara keseluruhan, upaya PT Berau Coal dalam mendukung pendidikan vokasi lokal melalui beasiswa diharapkan dapat memberikan dampak positif pada pengembangan sumber daya manusia dan pertumbuhan ekonomi daerah. Terakhir dirinya menambahkan, Politeknik Sinar Mas Berau Coal saat ini sedang membuka penerimaan mahasiswa baru gelombang ke-2 mulai 29 Januari-29 Februari  2024 dan akan dilanjutkan sampai gelombang ke-5 hingga Juli 2024. (Nht)

Loading