Walikota dan OPD di Lingkungan Pemkot, Safari Subuh di Masjid Besar Manuntung Pandasari

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Pemkot Balikpapan kembali menggelar Safari Subuh yang dihadiri Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Balikpapan H. Muhaimin dan jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Balikpapan, Camat, Lurah serta Stakeholder.

Kegiatan safari Subuh kali ini dilaksanakan di Masjid Besar Manuntung Pandansari, di Jalan Pandan Sari Dalam Kelurahan Marga Sari, Kecamatan Balikpapan Barat, BalikpapanSafari subuh ini dilanjutkan dengan salat subuh berjamaah yang diimami Pimpinan Ponpes Al Banjari, KH Muhammad Jailani Mawardi.

“Insyaallah akan rutin kami laksanakan di masjid di Kota Balikpapan. Ini bagian dari syiar,” ujar, Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud dalam sambutannya usai melaksanakan salat subuh berjamaah,Jumat (23/2/’24).

Rahmad menjelaskan, untuk kegiatan safari subuh ini merupakan tugas dan tanggung jawab Pemkot Balikpapan dan umat muslim di Kota Balikpapan, agar bisa memakmurkan masjid yang ada di Kota Balikpapan. Pasalnya, beberapa minggu kedepan, umat Islam akan menyambut bulan suci ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Kami mengajak untuk menggunakan waktu dengan berbuat untuk kebaikan, karena waktu cepat berlalu jadi jangan sia-siakan waktu untuk berbuat kebaikan,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Masjid Besar Manuntung Pandansari Balikpapan, Ustadz Hasmi mengatakan, pelaksankan salat subuh berjamaah penuh dengan keberkahan.

“Salat subuh berjamaah ini biasanya hanya terdiri dari 3-4 shap, nah pagi ini menjadi 6 sap setengah. Ada kelebihan beberapa saf, dimana jamaah dalam kegiatan ini dimudahkan Allah SWT untuk bisa hadir sholat subuh berjamaah,” ujarnya.

Hasmi mengaku, kedatangan Wali Kota yang kedua kali ke Masjid Besar Manuntung Pandansari membawa keberkahan. “Kebersamaan dan silaturahmi itu adalah keberkahan yang kita bisa dapatkan pada pagi hari ini. Apalagi, jamaah salat subuh di masjid ini banyak dari kalangan pedagang dan warga sekitar, karena memang dekat pasar,” katanya.

Hal senada diungkapkan, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Balikpapan, Ustadz Muhammad Dumairi, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Balikpapan yang telah menginisiasi sholat subuh berjamaah ini. Kita ingin mewujudkan fungsi masjid sebagai pusat ibadah, pengembangan masyarakat serta pemersatu.

“DMI Kota Balikpapan menekankan untuk merangkul remaja untuk bisa mengisi masjid yang ada di lingkungan masing-masing. Apalagi ini memasuki bulan ramadhan untuk melibatkan remaja, seperti membaca shalawat untuk melibatkan remaja.” tutupnya.(*/pr)

Loading