Wali Kota bersama DPOP Membuka Formas dan Pameran Kewirausahaan Muda di Balikpapan

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Masih dalam rangkaian HUT Ke 127 kota Balikpapan, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan menggelar Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat (FORMAS) dan Pameran Kewirausahaan Muda.

Dalam kegiatan ini dihadiri langsung Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud didampingi Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan Cokorda Ratih Kusuma. Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud membuka Festival Olahraga Rekreasi dan Masyarakat (FORMAS) dan dan Pameran Kewirausahaan Muda di Balikpapan Tenis Stadium.

“Kegiatan olahraga dan UMKM ini digiatkan disaat Kota Balikpapan sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk akan menghidupkan perekonomian, yang mana Balikpapan bukan kaya hasil alam, tapi kota jasa dan industri. Termasuk menjaga toleransi antar umat beragama,” tegas Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud, Jumat(23/2/’24)

Sementara itu, Kepala DPOP Kota Balikpapan, Cokorda Ratih Kusuma mengatakan, kegiatan ini berkolaborasi antara bidang keolahragaan dan kepemudaan DPOP atas keberhasilan meraih panji pembangunan di bidang keolahragaan, kepemudaan dan kepariwisataan terbaik di Kaltim. Dimana FORMAS bertujuan untuk menjaga kesehatan, kebugaran dan melaksanakan olahraga rekreasi masyarakat sehingga menjadi olahraga yang diminati dan menjadi pilihan masyarakat dalam berolahraga.

“Kajian desain besar olahraga daerah Kota Balikpapan, salah satunya adalah meningkatkan kebugaran partisipasi olahraga perlu ditingkatkan baik pelajar, usia dini maupun masyarakat Kota Balikpapan,” ujarnya.

Sedangkan Pameran Kewirausahaan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para wirausahawan muda menjadi wadah bagi para pemuda, yang ingin menyalurkan kreativitas sebagai insan yang kreatif dan produktif memiliki kemandirian terutama pada ekonomi kreatif.

Apalagi jumlah penduduk di Kota Balikpapan, seperempat atau 25 persen penduduk adalah kelompok usia muda yaitu usia 16-30 tahun. Tentunya, pameran ini menjadi salah satu tempat untuk menyalurkan bakat ekonomi kreatif yang dimilikinya.

Ratih mengaku, untuk kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari mulai 23-25 Februari 2024, bertempat di Balikpapan Tennis Stadium, yang diikuti 1.350 peserta yang terdiri dari festival senam sebanyak 800 peserta dari perwakilan Kaltim, Kalsel, Jawa, Sulawesi. Festival Panahan Tradisional berjumlah 300 peserta dari seluruh Kaltim; Catur Non Master sebanyak 100 peserta; Festival Joker berjumlah 124 peserta selebihnya festival mural keolahragaan dan grafiti keolahragaan.

“Pameran kewirausahaan pemuda diikuti dari perwakilan seluruh perguruan tinggi di Kota Balikpapan, perwakilan OPD, organisasi olahraga, organisasi kepemudaan serta organisasi disabilitas, dengan total tenant sebanyak 30 tenant. Festival olahraga ini juga untuk membudidayakan masyarakat untuk gemar berolahraga, sehingga hidup menjadi sehat. Disisi lain, jika senang berolahraga maka bisa menciptakan prestasi,” tutupnya. (*/pr)

Loading