Walikota : Penghargaan Adipura Kencana 2023, Dipersembahkan Untuk Warga Balikpapan

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Wakil Presiden RI KH Maruf Amin secara langsung memberikan penghargaan Adipura Kencana, ke Walikota Balikpapan Rahmad Masud pada Selasa 5 Maret 2024. Adapun Adipura Kencana merupakan predikat kota terbersih dan merupakan penilaian Adipura tertinggi.

Menurut Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada warga Balikpapan , karena berkat kepedulian warga, pemerintah mendapatkan Adipura Kencana. Sedangkan penghargaan ini. untuk kategori kota besar, Balikpapan menjadi satu-satunya yang menerima Adipura Kencana.

“Ini semua berkat kerja sama dan kepedulian seluruh warga Kota Balikpapan,” tegasnya.

Rahmad menyampaikan keberhasilan ini merupakan kolaborasi dan sinergi antara warga Balikpapan dengan pemerintah. “Kita tidak mampu bekerja sendiri atau melaksanakan tugas kami tanpa kerja sama, kolaborasi, sinergi dari seluruh elemen masyarakat,” tegasnya.

Lanjut Rahmad, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Kota Balikpapan, seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang telah bersinergi dalam menjaga dan membangun Kota Balikpapan.

Pemerintah Kota (Pemkot) terus berupaya untuk menjaga keamanan, kenyamanan dan kebersihan Kota Balikpapan, sebagaimana menjadi salah satu program prioritas dari Wali Kota Balikpapan. Seperti halnya, Pemkot melakukan revitalisasi pasar sebagai salah satu bagian penilaian dalam memperoleh penghargaan Adipura Kencana.

“Kami tidak mau pasar kita dinilai tidak bersih. Pasar kita yang ada di Kota Balikpapan akan dinilai. Saya minta pedagang agar bisa menjaga kebersihan pasar,” tegasnya.

Rahmad menambahkan, ucapan terima kasih juga kepada warga dikarenakan menjaga Kota Balikpapan untuk tetap bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan. “Tertib membuang sampah di tempat sampah dan membuang sampah ke TPS pada waktu yang telah ditentukan,” katanya.

Rahmad menmabahkan, melalui penghargaan Adipura Kencana kedua kalinya menjadi motivasi jajaran Pemerintah Kota Balikpapan dan tim lainnya untuk terus bermotivasi dalam bidang lingkungan.

“Masih banyak tantangan dalam menjaga kebersihan lingkungan. Mengingat Balikpapan sebagai Kota Beranda Ibu Kota Negara,” tutupnya. (*/pr)