Balikpapan Kembali Menerima Penghargaan Adipura Kencana Tahun 2023 dari Kementerian KLHK

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI menyerahkan penghargaan Adipura Kencana 2023 ke 7 kepada Kota Balikpapan. AQ Pemberian penghargaan ini berdasarkan kinerja baik dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Selain itu ada 4 Kabupaten dan Kota yang juga menerima penghargaan tersebut masing-masing Kota Surabaya, Bontang, Bitung, dan Kabupaten Ciamis.

Penghargaan Adipura Kencana sendiri adalah penghargaan tertinggi yang diberikan kepada kabupaten/kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan itu.

Wali Presiden KH Maruf Amin didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menyerahkan langsung Penghargaan Adipura Kencana 2023 ini kepada Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud, SE, ME.

“Pada Adipura Tahun 2023, KLHK telah melakukan pemantauan lapangan terhadap 259 kabupaten/kota se-Indonesia atau kira-kira 50,39 persen dari 514 kabupaten/kota di Indonesia,” ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar dalam sambutannya pada acara penyerahan Penghargaan Piala Adipura Tahun 2023 di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Siti Nurbaya menambahkan, terpilihnya 5 kabupaten dan kota se Indonesia sebagai penerima penghargaan Adipura Kencana ini karena ke lima daerah ini telah memperlihatkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang baik yang meliputi pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau.

“Mereka juga melakukannya dengan cara-cara yang inovatif dan berkelanjutan,” ucap Siti.

Selain Adipura Kencana, dalam kesempatan itu KLHK juga memberikan penghargaan Anugerah Adipura kepada 106 kabupaten/kota yang dianggap telah mampu memberikan kinerja pengelolaan lingkungan hidup perkotaan yang baik pada Tahun 2023 kemarin.

KLHK juga memberikan Sertifikat Adipura kepada 51 kabupaten/kota karena dinilai memiliki upaya atas kinerja pengelolaan sampah dari sumbernya.

Menurut Siti Nurbaya, hasil dari penganugerahan Piala Adipura Tahun 2023 mengalami kemajuan signifikan dibandingkan tahun 2022 lalu, dimana terjadi peningkatan jumlah daerah yang menerima Anugerah Adipura sebesar 32,5 persen.

“Dari 80 kabupaten/kota tahun lalu menjadi 106 kabupaten/kota tahun ini. Selain itu, berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan pada Adipura tahun 2023 sebanyak 63 daerah mengalami peningkatan kinerja pengelolaan sampah dibanding tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud mengatakan bahwa untuk kategori kota besar, Balikpapan menjadi satu-satunya yang menerima Adipura Kencana.

“Ini semua berkat kerja sama dan kepedulian seluruh warga Kota Balikpapan,” tegasnya.

Lanjut Rahmad, keberhasilan ini merupakan kolaborasi dan sinergi antara warga Balikpapan dengan pemerintah. “Kita tidak mampu bekerja sendiri atau melaksanakan tugas kami tanpa kerja sama, kolaborasi, sinergi dari seluruh elemen masyarakat,” jelasnya.

Rahmad mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Kota Balikpapan, seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang telah bersinergi dalam menjaga dan membangun Kota Balikpapan.(*/pr)