KRU Teluk Ende Pompa Semangat Kaum Muda Kutim

SANGATTA, Swara Kaltim –Pompa semangat anak muda Kutimmau menjadi taruna TNI- Angkatan Laut (AL), Ahad (20/10) kapal perang RI bernama Teluk Ende 517  merapat di Tanjung Bara disambut  Syahrir – Staf Ahli Bupatri mewakili Bupati Kutim, Wakil Ketua DPRD Arfam,  Danlanal Letkol Laut (P) Binsar Alfret Sitorus, Kapolres Kutim AKBP Teddy Ristiawan, Dandim  Sangatta Letkol Inf CZI Pabate. Kapal yang berlayar dari  Pelabuhan Trisakti  Banjarmasin, membawa  88 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat II aAngkatan 67 yang tergabung dalam program Pelayaran Jalasesya tahun 2019.

Pemkab Kutim,kata Syahrir bangga dengan merapatnya KRI Teluk Ende karena dapat memotivasi generasi muda Kutim untuk menjadi anggota TNI-AL. Terlebih, Kutim merupakan kabupaten yang luas wilayahnya sebagian laut.

“Pemkab sudah berkoodinasi dengan PT KPC serta  KRI Teluk Ende, apabila ada masyarakat yang ingin berkunjung untuk melihat langsung KRI Teluk Ende sebelum melanjutkan pelayarannya,” kata Syahril.

Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Binsar Alfret Sitorus menyebutkan kedatangan KRI Teluk Ende diprogramkan Lanal Sangatta bersama  Akademi AL.“ Sangatta dikunjungi taruna AL, karena selama 3 tahun terakhir Lanal Sangatta bisa mengirim warga Kutim yang mendaftar menjadi Taruna AL,” terangnya.

Letkol Laut (P) Binsar mengungapkn, kehadiran Taruna AL yang gagah-gagah mampu mendorong minat warga Kutim terutama generasi mudanya untuk bergabung di TNI-AL, terlebih saat ini pendaftaran bisa melalui Lanal Sangatta.

Terpisah, Komandan KRI Teluk Ende-571, Letkol Laut (P) Cokorda Gede Parta Pemayun menerangkan  pelayaran Jalasesya  agenda setiap tahun akademi untuk menempa pengetahuan dan fisik para taruna angkatan laut. Rombongan bersandar sementara di pelabuhan Marin Sangatta, kemudian melanjutkan pelayaran ke Pangkalan TNI AL di Surabaya.

“Ada 88 Taruna yang ikut berlayar, pelayaran Jalasesya agar apa yang dipelajari para taruna di kelas, dipraktikkan,” terangnya seraya menambahkan selama di Sangatta, sejumlah kegiatan digelar diantaraya bersilahturahmi dengan Pemkab Kutim. (sdn)

Bagikan:

Related posts