Telkomsel Cari Talent di Unmul Lewat IndonesiaNEXT

SAMARINDA, Swara Kaltim –Telkomsel kembali menggelar IndonesiaNEXT sebagai program yang menyasar pada peningkatan keahlian profesional para mahasiswa sebagai persiapan SDM yang unggul. Pada tahun keempat penyelenggaraannya, IndonesiaNEXT akan memberikan kuliah umum, kursus online, pelatihan, dan sertifikasi bagi para peserta yang menitikberatkan pada kemampuan di bidang teknologi digital. Peserta terbaik yang mampu melewati seluruh tahapan tersebut akan mengikuti bootcamp dalam menentukan peserta terbaik IndonesiaNEXT 2019.

“Kita mencari Talent di kampus-kampus yang mana pelaksanaan di Samarinda tuan rumahnya Unmul. Harapan kita melalui kegiatan IndonesiaNEXT akan lahir Gojek-Gojek baru, Toped (Toko Pedia) baru. Zaman dulu saya kuliah, tidak ada yang seperti ini. Sekarang ini, mau jadi pengusahan dibimbing. Semoga muncul star up star up baru dari Kaltim,” ungkap Komisaris Telkomsel Yose Rizal dalam sambutannya pada IndonesiaNEXT di auditorium Unmul, Selasa (29/10).

Yose yang juga CEO Media Wave menjelaskansebagai digital telco company yang senantiasa berkomitmen untuk memberikan manfaat lebih dari setiap solusi digital yang diberikannya.

Menurutnya Telkomsel berupaya untuk terus bergerak maju mengakselerasikan pengembangan SDM di Indonesia agar mampu memiliki daya saing hingga ke tingkat internasional, selaras dengan visi pemerintah dalam menjadikan pengembangan SDM sebagai salah satu prioritas pembangunan.

“Melalui Indonesia Next ini yang merupakan salah satu CSR Masterpiece Program Telkomsel dalam bidang Pendidikan bersertifikasi standar internasional, kami mempunyai tujuan utama untuk mendukung program pemerintah dan universitas dalam meningkatkan skill digital talent generasi muda  khususnya di kalangan mahasiswa untuk bisa lebih bersaing di era global,” terangnya.

Menurutnya fokus IndonesiaNEXT dalam meningkatkan kemampuan teknologi digital para peserta diharapkan mampu mendorong ekosistem digital di Indonesia yang berkelanjutan.

IndonesiaNEXT tahun ini menyasar kota-kota lain yang belum pernah menjadi lokasi penyelenggara sebelumnya kota tersebut meliputi Samarinda, Banda Aceh, Manado, Ambon, Yogyakarta dan Surabaya.

“Ini bertujuan untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi seluruh mahasiswa di Indonesia untuk bisa berpartisipasi dan meningkatkan kompetensinya. Dengan begitu, program yang telah digelar sejak 2016 tersebut diharapkan dapat membantu mengakselerasikan negeri melalui peningkatan SDM secara menyeluruh dan merata di Indonesia,” katanya.

Di setiap kota, rangkaian kegiatan IndonesiaNEXT 2019 dibuka dengan kuliah umum bertema “Digital Leadership” oleh sejumlah narasumber profesional yang berkompeten. Selain itu, terdapat kursus online yang topiknya terdiri dari creative contentoffice and presentation, dan creative design. Tak ketinggalan, pelatihan secara tatap muka juga dilakukan dengan tema “Creative Design for Powerful Presentation”. Kemudian dilakukan sertifikasi tingkat internasional bagi para peserta yang dapat menjadi modal para peserta untuk meningkatkan kapasitas dalam mempersiapkan keahlian profesi di industri.

Kemudian, di Samarinda akan dipilih lima peserta terbaik dari setiap kota yang akan mengikuti National Bootcamp sebagai tahapan terakhir untuk dapat menjadi The Best IndonesiaNEXT 2019 Talents.

Sejak diselenggarakan pada 2016, IndonesiaNEXT telah menjangkau sekitar 40 ribu peserta dari ribuan universitas di seluruh Indonesia. Antusiasme yang ditunjukkan para generasi penerus bangsa ini menjadi pembakar semangat Telkomsel untuk kembali menggelar program tersebut tahun ini, dengan harapan dapat memberikan manfaat bagi lebih banyak mahasiswa sehingga mereka mampu menjadi SDM-SDM unggul yang semakin cakap dan kompeten sehingga tidak hanya dapat bersaing di dalam negeri saja, namun juga hingga ke level internasional.

Sepanjang penyelenggaraannya, IndonesiaNEXT telah memberangkatkan para pemenangnya ke Jepang hingga Amerika Serikat untuk mendapatkan short course di perguruan tinggi dan beberapa perusahaan teknologi ternama. Selain itu, lebih dari 4.800 peserta telah mendapatkan sertifikasi keahlian dari tiga edisi IndonesiaNEXT.

Sementara Rektor Unmul Prof Masjaya mengutarakan sebanyak 28 ribu mahasiswa aktif di Unmul, dan terdaftar 35 ribuan.

“Apa yang dilakukan Telkomsel dalam rangka membangun dan membuka ruang beraktifitas. Program ini menciptakan ruang kerja. Kami apresiasi Telkomsel,” kata Masjaya.

Menurut Masjaya jangan sampai terjebak dengan perkembangan IT sekarang ini. “Banyak anak-anak kita masuk dan bergelut tanpa batas. Jika sisi negatif yang diambil, maka akan celaka dan terpuruk. Saya ingin mahasiswa Unmul memanfaatkan dari sisi positif sehingga mampu bersaing di tengah persaingan yang ketat. Jika bisa, kesempatan kerja ada di tangan kita bahkan menciptakan lapangan kerja,” pungkasnya.(dho)
Area lampiran

Loading