Siap Amankan Pilkada Dua Kabupaten, Polres Kubar Punya Strategi Pola Pengamanan

Loading

KUTAIBARAT, Swarakaltim.com – Kepolisian Resor Kutai Barat (Kubar), menyiapkan pasukan untuk pengamanan selama pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 mendatang, di dua Kabupaten Kubar dan Mahakam Ulu (Mahulu), guna memberikan rasa nyaman hingga pelaksanaan pilkada berjalan lancar dan sukses.

Kapolres Kubar AKBP Roy Satya Putra mengatakan, kesiapan pihaknya dalam pilkada tersebut, telah membuat pola pengamanan dengan melibatkan seluruh personelnya yang akan bertugas diwilayah Kabupaten Kubar dan Mahulu.

“Sejumlah personel akan disiagakan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan ada juga yang patroli atau bergerak ke satu tempat ke tempat lainnya. Mereka dibagi jadi beberapa kelompok. Yang pasti personel untuk pengamanan pemilu dibantu prajurit TNI, dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang disiagakan setiap TPS,” ungkap AKBP Roy Satya Putra belum lama ini kepada wartawan di Sendawar.

Selain itu, pihaknya juga meminta BKO Polda Kaltim jika sudah diketahui jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pilkada Kubar dan Mahulu 2020 mendatang. Ia menambahkan, jajaran Polres Kubar maupun TNI-Kodim 0912 Kubar dan unsur keamanan lainnya sudah siap untuk menjaga pelaksanaan Pilkada mendatang.

“Tentunya ada pola-pola pengamanan, yang pasti rawan dan tidak rawan. Namun kita tetap siap siaga. Pola pengaman, dilakukan dengan mengerahkan semua personel dari berbagai satuan untuk menjaga di gudang logistik, pendistribusian logistik, sampai dengan penghitungan suara di masing masing TPS,” jelasnya.

Pada pola pengaman pilkada nanti, dia menyampaikan, untuk mengenal karakter rekan kerja dan dalam bertugas untuk mematuhi komando sehingga tidak ada kesalahan dalam tugas pengamanan yang berdampak pada tercapainya misi pengamanan Pilkada tersebut.

“Saya harapkan semua stakeholder dan seluruh elemen masyarakat Kubar dan Mahulu menguatkan persatuan dan kesatuan, hidup berdampingan dengan damai dan saling toleransi. Agar pesta demokrasi dalam pemilu kada kali ini dapat berjalan aman dan sukses,” pungkasnya.

Penulis : Alfian
Editor. : Redaksi