Arena Pembukaan MTQ di Kutim Terus Disiapkan

SANGATTA, Swarakaltim.com – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 15 Kabupaten Kutai Timur (Kutim) bakal dibuka  Bupati Ismunandar, Jumat  (13/12) mendatang di Masjid Agung Al-Faruq Sangatta.

Persiapan untuk menggelar acara rutin setiap tahun ini, panitia penyelenggara terus mematangkan arena MTQ dan tempat digelarnya lomba. Koordinator Arena, Syamsuddin Sennang menerangkan pembangunan panggung  sudah mencapai 60 persen.

“Untuk arena utama  sedang dilakukan finishing, tiinggal memasang karpet, ambal dan latar Ka’bahnya. Sementara arena lainnya sudah kita cek bersama dewan hakim komposisinya sudah mencapai 80 persen. Karena rata-rata gedung masih digunakan, kami targetkan Kamis (12/12) sudah siap semua,” terang Syamsuddin Sennang.

Arena panggung utama akan menjadi tempat pembukaan dan penutupan MTQ ke 15 Kutim sekaligus tempat pelaksanaan cabang lomba. Yakni Tilawah kategori dewasa, qira’at dewasa dan remaja serta cabang Tilawah Cacat Netra.

“Ada dua lokasi arena yang kami rubah, diganti menggunakan GOR SMAN 1 Sangatta Utara dan SDN 002 Sangatta Utara. Karena sarana pendukung yang tidak ada, seperti meja untuk lomba kaligrafi makanya kami berinisiatif menggeser lokasi ke arena tersebut,” tutur Syamsuddin Sennang.

Panitia telah menyiapkan 7  arena selama MTQ digelar yakni Masjid Agung Al Faruq sebagai pusat kegiatan MTQ Kutim. Kemudian Gedung TP PKK Bukit Pelangi digunakan untuk lomba Tartil, Tilawah anak-anak dan remaja.

Sementara itu untuk Cabang Tahfidz dan Tafsir Qur’an digelar di Aula Masjid At Tabi’in di Jalan Margo Santoso V. Cabang Syarhil Qur’an di ruang Meranti Setkab Kutim. Selain itu ada juga Cabang Fahmil Qur’an digelar di GOR SMAN 1 Sangatta Utara.

Untuk Khatil Qur’an akan dilaksanakan di Gedung MTS Nurul Hikmah Jalan Hidayatullah Gg. Hikmah serta Cabang Musabaqah Makalah Quran (MMQ) di SDN 002 Sangatta Utara simpang tiga pendidikan.(sdn)

Loading