Sah, RI-1 Resmikan Tol Satu-satunya di Kalimantan

Foto peresmian jalan tol oleh Jokowi Dodo, dokhumasprovkaltim


BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Setelah menunggu hampir 11 tahun, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang merupakan satu-satunya di Pulau Kalimantan akhirnya diresmikan Presiden Joko Widodo, Selasa (17/12/2019).

Jalur tol yang diresmikan adalah seksi 2, 3 dan 4 sepanjang 66,095 km. Sedangkan seksi 1 dan 5 ditargetkan beroperasi pada April 2020.

“Bapak ibu yang saya hormati, syukur alhamdulilah, seksi 2, 3 dan 4 Jalan Tol Balikpapan Samarinda hari ini sudah selesai dan bisa dimanfaatkan,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mereka pengoperasian jalan tol pertama di Kalimantan itu di Gerbang Tol Samboja.

Pengoperasian jalan tol ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk pelayanan transportasi masyarakat jelang Natal dan tahun baru 2020.

Rincian jalan tol yang diresmikan adalah seksi 2 sepanjang 26,395 km, seksi 3 sepanjang 21,90 km dan seksi 4 dengan panjang 17,82 km.

Jalur tol yang diresmikan menghubungkan tiga kecamatan yakni Samboja dan Muara Jawa di Kutai Kartanegara, serta Palaran di Samarinda.

“Dari lima seksi sudah tiga seksi yang selesai sepanjang 58,7 kilometer. Artinya masih ada 2 seksi yang belum. Insyaallah April 2020 selesai,” ungkap Jokowi.

Kehadiran jalan tol ini diyakini Jokowi akan memperlancar arus distribusi barang dan penumpang dari Balikpapan ke Samarinda dan sebaliknya. Kecepatan dan efisiensi akan dinikmati daerah dengan beroperasinya jalan tol ini.

“Kalau biasanya tiga jam, enam jam PP, maka dengan jalan tol ini hanya sejam. Paling lama satu jam seperempat,” tekan Jokowi.

Saat peresmian tadi, Presiden Jokowi didampingi Gubernur Kaltim Isran Noor, Wagub Hadi Mulyadi dan Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK. Sementara dari pusat nampak Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erik Thohir dan Mendagri Tito Karnavian.(aya/sk)

Bagikan:

Related posts