Gunakan Pakaian Adat, Bawaslu Lantik Panwascam se-Mahulu

MAHAKAM ULU, Swarakaltim.com -Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) mengambil sumpah kepada 15 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang akan bertugas di 5 Kecamatan se-Mahulu.

Pelantikan di pimpin Ketua Bawaslu Mahulu Leonder Awang Ajaat, didampingi 4 komisioner yakni, Koordiv PHL Indra Parda Manurung, Koordiv HPPS Sukarni Jaya, Koorsek Bawaslu Mahulu Markus Rambu, berlangsung di ruang rapat Bapedda Mahulu, Minggu (22/12/2019.

Turut menyaksikan, komisioner Bawaslu Kaltim, Ebin Marwi, Ketua dan Anggota KPU Mahulu, Perwakilan Kesbangpol Mahulu, Kapolsek dan Danramil Long Bagun, serta tamu undangan lainnya.

Mereka yang dilantik ini merupakan hasil seleksi tertulis dan wawancara sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Namun ada pemandangan berbeda dengan semua yang terlibat menggenakan busana adat khas Dayak Mahulu.

Hadir dalam pelantikan itu, komisioner Bawaslu Kaltim, Ebin Marwi, Ketua dan Anggota KPU Mahulu, Perwakilan Kesbangpol Mahulu, Kapolsek dan Danramil Long Bagun, serta tamu undangan lainnya.

“Dari 15 panwascam yg baru dilantik, masing masing 3 orang bertugas di 5 Kecamatan se-Mahulu. Yang nantinya siap melaksanakan fungsi tugas sebagai pengawas Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Mahulu tahun 2020 mendatang,” ungkap Ketua Bawaslu Mahulu Leonder Awang Ajaat, usai kegiatan tersebut.

Dijelaskan Awang, pembentukan Panwascam guna menghasilkan sumber daya manusia yang betul-betul siap mendedikasikan seluruh kemampuan dan kapasitasnya untuk melaksanakan peraturan perundang-undangan.

“Selain faktor integritas dan kridibilitas, pengetahuan dan wawasan terkait pemilihan juga keterampilan seseorang panwascam dituntut berprilaku sesuai dengan kode etik penyelenggara pemilu sebagai pedoman kita,” tegas Awang.

Selain itu, ia berharap warga juga ikut serta mengawasi Pemilu dalam Pilkada 2020 nanti. “Warga harus mengambil bagian untuk mensukseskan pesta demokrasi di Bumi Berbudaya ini,” harapnya.

Sementara Komisioner Bawaslu Kaltim, Ebin Marwi selain membacakan sambutan Bawaslu RI, dengan tegas ia meminta kepada Panwascam lebih memperkuat pengawasan demi terwujudnya Pemilu yang adil, jujur, bersih dari segala pelanggaran sesuai amanat undang-undang.

“Kami berharap Panwascam ini, lebih memperkuat pengawasan demi terwujudnya Pemilu yang adil, jujur dan bersih dari segala pelanggaran,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pembentukan dan pelantikan Panwascam tersebut sudah sesuai ketentuan Pasal 90 Ayat 2 Undang-Undang No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Penulis : Alfian

Editor : Redaksi

Bagikan:

Related posts