Kerukunan Dayak Bentian Bersatu Pada Momen Natal Oikumene

Tampak Ketua KKDB Provinsi Kaltim, Wandi saat memberi sambutan pada malam perayaan Natal Oikumene warga Dayak Bentian, di Lamin Adat Kecamatan Bentian Besar, Kutai Barat.

Bupati : Seluruh Warga Kubar Tetap Satu Dalam Bingkai Kebersamaan

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Natal Oikumene adalah hari raya yang diperingati setiap tahun oleh umat Kristiani diseluruh penjuru Indonesia, untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus. Tak ketinggalan Kerukunan Keluarga Dayak Bentian (KKDB) yang berada di Kecamatan Bentian Besar, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur.

Perayaan Natal Oikumene itu berlangsung sejak pukul 20.00 hingga 24.00 Wita di Lamin Adat Bentian Besar yang terletak di Kampung Dilang Puti, Kecamatan Bentian Besar, dihadiri ribuan warga Suku Dayak Bentian yang berada di 9 Kampung wilayah Kecamatan tersebut.

Tampak Ketua Kerukunan Keluarga Dayak Bentian, Lorensius Balak, foto bersama usai penyerahan hadiah perlombaan dalam rangkaian perayaan Natal Oikumene tahun 2020 di Kecamatan Bentian Besar, Kutai Barat

Natal ini juga didorong atas kerinduan bersama warga Dayak Bentian yang berada diwilayah itu, untuk menjalin kerukunan serta cinta kasih Yesus Kristus, dengan tema natal, Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang, subs Kasih Tidak Berkesudahan Antara Sesama Warga Bentian, melalui penghotbah Pdt Titus Torut asal Kalimantan Tengah.

Dalam sambutanya Bupati Kubar FX Yapan disampaikan Kadissos Kubar Ampeng mengatakan, dalam menjalin tali silaturahmi dan hubungan emosional, menurutnya tidak boleh melihat apa yang menjadi status sosial seseorang dan apa agamanya. Karena, kata dia, semua warga Kabupaten Kubar harus tetap satu dalam bingkai kebersamaan.

Penghotbah dari Kalimantan Tengah, Pdt Titus Torut dalam suasana ibadah Natal Oikumene Warga Dayak Bentian

“Oleh karena itu, saya atas nama Pemkab Kubar menyampaikan selamat natal, mudah-mudahan dengan momentum hari ini kita selalu diberikan keselamatan dan keberkahan,” kata Yapan dalam perayaan Natal yang dirangkai sekaligus syukuran atas pelantikan para pengurus KKDB Provinsi Kaltim dan KKDB Kubar periode 2019-2024.

Selain itu, Yapan juga mengucapakan selamat kepada pengurus KKDB Kaltim dan Kubar yang baru saja di kukuhkan. Ia menyebut, semoga KKDB mampu menjadi ikatan perekat dan pemersatu bagi kokohnya rasa persatuan dan kesatuan di negeri ini.

“Kiranya para pengurus KKDB dapat melayani dan mampu menjadi jembatan aspirasi masyarakat serta turut aktif dalam setiap kegiatan dan proses pembangunan yang sedang gencar berjalan di Kabupaten Kubar,” pintanya.

Yapan juga mengajak seluruh warga Bentian yang berada di Kubar, agar senantiasa bersama membangun Tanaa Purai Ngeriman dan menjaga kerukunan serta kekeluargaan antar etnis atau suku yang ada di Bumi Sendawar.

“Karena pada dasarnya, warga Bentian adalah warga kita, warga Kabupaten Kubar yang tinggal diwilayah perbatasan Kubar Provinsi Kaltim dengan Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalteng. Oleh sebab itu, mari kita bersama menjaga kerukunan dan bersama membangun negeri ini dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Ketua panitia kegiatan, Sukwanto menyampaikaan terselenggaranya, acara ini berkat kerja sama dan dukungan dari semua lembaga adat masyarakat setempat, baik dari Pemkab Kubar dan para donatur serta pihak perusahaan diantaranya PT. Trubaindo Coal Mining (TCM) yang turut berpartisipasi dalam pembangunan rumah adat (Lamin) yang menjadi kebangaan warga Bentian.

“Saya ucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan, sehingga rangkaian peringatan natal oikumene dan pelantikan pengurus KKDB Kaltim dan Kubar dapat terlaksana dengan baik,” ucap mantan Direktur RUSD Harapan Insan Sendawar (HIS) ini di sela pelaksanaan tersebut.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi

Bagikan:

Related posts