Agar Penyaluran CSR Tepat Sasaran, KNPI Kubar dan PT PAMA/BEK Teken MoU

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Untuk menindak lanjuti sejumlah program kepemudaan DPD KNPI Kutai Barat, menggelar rapat kordinasi (rakor) dengan salah satu subkontraktor perusahaan pertambangan dibawah naungan PT Barinto Ekatama (BEK) di wilayah Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

Rakor itu dipimpin Ketua DPD KNPI Kubar Canissius Arjan, didampingi Sekretaris Fahcrujiansyah Bachsan, Bendahara Syahier Syahrani yang dihadiri Selection Head Bidang Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pama Persada Nusantara distrik PT BEK, Arif Setyo Nugroho.

Penandatangan MoU bidang CSR dari Ketua DPD KNPI Kubar Canissius Arjan SE, dengan Social Head bidang CSR PT PAMA/BEK, Arif Setyo Nugroho, Selasa (10/3/2020)

Tujuan rakor tersebut, membahas program CSR yang selaras dengan salah satu program kepemudaan atas penyaluran CSR dari sejumlah perusahaan yang selama ini diakui belum sinkron dengan program kesejahteraan sosial pemerintah kepada masyarakat setempat.

“Tujuannya untuk mensinkronkan antara kegiatan yang dilaksanakan CSR dengan program prioritas pemerintah kepada masyarakat pemuda. Hari ini kita koordinasikan hal tersebut dengan salah satu perusahaan subkontraktor yakni PT PAMA/BEK,” ungkap Ketua DPD KNPI Kubar, Canissius Arjan, usai kegiatan itu di Sekretariat DPD KNPI Kubar, Komplek Perkantoran Busenis Tinggi Diraja Sendawar, Selasa (10/3/2020).

Diakui Arjan, KNPI telah menjadikan PT PAMA/BEK sebagai mitra kerja dalam hal pelaksanan program yang berkaitan dengan kepemudaan diwilayah itu.

“Selaras dengan program kepemudaan DPD KNPI Kubar, hari ini telah kita lakukan MoU dengan pihak CSR PT PAMA/BEK, melalui program kesejahteraan sosial, seperti pengembangan budidaya pertanian dan perikanan, serta kegiatan sosial lainnya.

Sedangkan dalam waktu DPD KNPI Kubar bersama PT PAMA/BEK, mengagendakan road show ke setiap sekolah di Ibu Kota Sendawar, dengan kegiatan penyuluhan anti narkoba dan mengajak pihak Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kubar.

“Harapannya, kepada pihak terkait dapat bekerjasama sesuai dengan pelaksanaan program CSR agar tepat sasaran dan menjadi prioritas tidak diakomodasi melalui APBD Pemkab Kubar melainkan dengan dana CSR dari perusahan itu sendiri,” tegasnya.

Menyikapi MoU kerjasama itu, Selection Head Bidang CSR PT PAMA/BEK, Arif Setyo Nugroho mengapresiasi atas masukan dan arahan yang telah disampaikan oleh sejumlah wakil ketua bidang organisasi kepemudaan KNPI di wilayah Ibu Kota Sendawar ini.

“MoU ini akan segera kita sampaikan ke pimpinan kami di PT PAMA/BEK. Saya mewakili pihak manajemen unsur pimpinan, mengucapkan terimakasih kepada DPD KNPI Kubar, yang telah peduli kepada masyarakat binaan dan memiliki program selaras dengan penyaluran CSR,” imbuh Arif.

Kata Arif, pihaknya sendiri selama ini telah melaksanakan penguatan program CSR dari PT PAMA/BEK kepada pemerintah setempat, dalam rangka meningkatkan pencitraan di perusahaan melalui pemanfaatan program yang ditawarkan oleh pemerintah agar tepat sasaran kepada masyarakat binaan perusahaan itu sendiri.

“Program melalui bidang CSR. Ini sebuah komitmen kerjasama PT PAMA/BEK dengan pemerintah dan dunia usaha dalam percepatan pembangunan di Kabupaten Kubar. Kepada KNPI Kubar diperlukan persiapan dan langkah konkret untuk implementasi yang salah satunya adalah menyiapkan informasi dan data usulan kegiatan CSR,” pungkas Arif.

Adapun hasil kesepakatan kerjasama yang tertuang pada MoU antara DPD KNPI Kubar dengan pihak CSR PT PAMA/BEK, yakni bidang pertanian melalui budidaya perkebunan jahe, budidaya perikanan dan penyuluhan anti narkoba.

Penulis : Alfian

Editor : Redaksi (SK)

Bagikan:

Related posts