Kelurahan SPD Gencarkan Sosialisasi Pencegahan Corona Dan Penyemprotan Disinfektan

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Upaya dalam pencegahan serta sosialisasi terhadap penyebaran virus Corona (Covid 19) terus digencarkan Pemerintah Kota Samarinda. Mulai dari Kecamatan dan Kelurahan kini telah melakukan himbauan agar warga tetap di rumah hingga kondisi aman seperti semula, menyediakan cairan antiseptik, cara pengunaan masker yang baik dan benar, serta etika ketika batuk hingga sosialisasi mengenai virus tersebut.

Seperti halnya yang dilakukan oleh salah satu wilayah Kecamatan Sungai Pinang Samarinda, yakni Kelurahan Sungai Pinang Dalam (SPD). Dimulai dari kegiatan sosialisasi di jalur umum sepanjang Kelurahan SPD, kegiatan pemasangan spandul larangan berjualan di Pasar Malam, serta melakukan penyemprotan Disinfektan.

Kegiatan ini di damping oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan SPD Subaji, Babinsa Kelurahan SPD Gusti, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan SPD Slamet Purnomo, Ketua PKK Kelurahan SPD Irma Herfiani, Ketua Kelompok Siaga Bencana SPD Muhammad Usliansyah, dan Ketua Karang Taruna SPD Masronalliansyah.

Lurah SPD Hadriansyah menerangkan bahwa selama tiga berturut-turut yakni dari hari Jum’at tanggal 27 Maret 2020 hingga pada hari minggu tanggal 20 Maret 2020, kegiatan yang telah kami laksanakan seperti kegiatan sosialisasi bahaya virus corona (Covid-19), pemasangan spanduk larangan sementara pasar malam, kemudian dilakukan penyemprotan Disinfektan.

“Kita wajib berupaya untuk melakukan pencegahan dan memutus rantai penyebaran virus corona ini, dan beragam kegiatan telah kami laksanakan sesuai intruksi dari Pemerintah Kota Samarinda,” lanjutnya.

“Di samping itu pula, Kita menghimbau kepada warga Kelurahan SPD untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan rumah,” ucapnya.

“Dengan adanya virus corona ini, elemen masyarakat jangan dibuat panik. Keluarga harus membiasakan pola hidup bersih. Misalnya, cuci tangan dengan air yang mengalir atau pakai cairan anti septik,” terangnya.

Sosialisasi, lanjut Hadriansyah, juga dilakukan bersama Puskesmas saat kegiatan  Jumat Keliling (Jumling) di wilayah Kelurahan SPD. dan pada hari Sabtu, memasang spanduk yang bertulisan larangan sementara berjualan di Pasar Malam untuk miniminalisir penyebaran virus tersebut. Sedangkan pada hari minggu kami melakukan penyemprotan Disinfektan wilayah Kelurahan SPD.

“Kegiatan ini akan terus kami lanjuti hingga warga kami merasa aman dan nyaman dan semoga dengan adanya kegiatan ini Kelurahan SPD terhindar dari wabah virus yang sangat berbahaya ini,” pungkasnya. (adv/AI)

Bagikan:

Related posts