Peduli Tim Medis, Peternak Sumbang Ribuan Telur

Loading

SANGATTA,Swarakaltim.com – Serangan Virus Corona, menumbuhkan solidaritas warga masyarakat tinggi. Tidak saja kalangan perusahaan besar seperti PT KPC yang mengeluarkan dananya untuk membantu pemerintah, tetapi kalangan peternak ayam yang tergabung Asosiasi Usaha Ternak Ayam Petelur Sangatta (As-UTAPS) menyumbangkan 1.800 butir telur.

Ribuan biji telur ini, diserahka peternak ke RSU Kudungga Sangatta Utara  yang kini sedang menangangi pasien korban Virus Corona. Peternak binaan PT KPC yang berjumlah 14 orang ini, Senin (13/4) mendatangi RSU Kudungga dengan membawa ratusan piring berisikan ribuan telur ayam.

“Kami sebagai asosiasi peternak ayam petelur merasa terpanggil untuk memberikan sedikit sumbangsih yang bisa kami lakukan. Semoga bisa bermanfaat untuk tim medis sebagai garda terdepan dalam peperangan melawan corona di Kutai Timur,” ujar Sakius Rexy – Ketua As-UTAPS.

Manager Community Empowerment KPC Yuliana Datubua menyatakan, As-UTAPS merupakan wadah para peternak ayam petelur binaan KPC, hasil pengembangan Program Ayam Petelur Pascatambang Pit J. “Mereka ini adalah kelompok hasil binaan dari program ayam petelur pascatambang Pit J. Ya, ini semacam replikasi program Pit J di masyarakat,” kata Yuli.

Sugeng Wiyatno, Superintendent Post Mining KPC menambahkan, sejak tahun 2015 lalu, KPC membuat replikasi terhadap program ayam Pit J, dengan melakukan pendampingan masyarakat, peningkatan kapasitas usaha dan bantuan sarana prasarana. Dalam paket pendampingan ini, termasuk juga pemberian stimulus 4 ribu ayam petelur (pullet) kepada anggota asosiasi.

Menurut Sugeng, selama program replikasi ini berjalan, nilai transaksi dari 14 anggota kelompok ini telah mencapai Rp 7,1 miliar. “Ini nilai transaksi, bukan keuntungan. Dan nilai ini dicapai dari keseriusan tim pendamping dan anggota asosiasi. Kita terus berusaha agar nilai manfaat program replikasi ini terus meningkat,” kata Sugeng.

Bantuan  telur sebagai salah satu bahan makananan bernutrisi dalam era pandemik Corona ini, sudah dilakukan oleh sejumlah daerah  seperti Jakarta, Jawa Tengah dan daerah-daerah lainnya.

Manager Wellness Program KPC dr Diah Fita Sari MPH mengakui, telur memang memiliki kandungan protein tinggi sehingga sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.  

“Imunitas tubuh sangat diperlukan saat ini karena merupakan salah satu penangkal pertumbuhan virus yang progresif dalam tubuh. Telur adalah salah satu sumber protein untuk menambah imunitas tubuh tersebut,” kata dr Diah. (sdn)