Kukar Tambah 10 Pasien Positif COVID-19, Salah Satunya Transmisi Lokal

Loading

TENGGARONG, Swarakaltim.com – Kembali terjadi penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kukar. Total sebanyak 10 kasus penambahan yang terjadi.

“Sebagian besar merupakan pelaku perjalanan baik dari Gowa maupun Magetan yang sebelumnya telah dilakukan rapid test dengan hasil reaktif,” ujar Ketua Tim Gugus Tugas COVID-19 Kukar Edi Damansyah, Sabtu (2/5/2020).

Edi menyebut keseluruhan kasus tidak menimbulkan gejala COVID-19 selama ini. Seperti batuk, demam dan sesak nafas. Dan dipastikan orang tanpa gejala (OTG) yang memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit dapat menularkan virus ke orang lain.

Terkait adanya salah satu pasien positif COVID-19, yakni Kukar 4 yang diketahui tertular oleh suami yang bersangkutan di Kecamatan Muara Badak. Dipastikan di Kukar telah terjadi transmisi lokal.

Edi mengatakan saat ini masih sebanyak 11 orang lagi yang menunggu hasil tes swab tenggorokan atau PCR. Tentunya dari Litbangkes Kemenkes di Surabaya. Dan saat ini tengah melakukan isolasi di Wisma Atlet GOR Aji Imbut Kukar.

Dengan penambahan 10 pasien ini, total kasus COVID-19 di Kukar menjadi 13 kasus. Dengan rincian 11 masih dirawat, 2 orang dinyatakan sembuh. Dan 1 orang berstatus PDP yang meninggal pada 7 April silam dengan status probable dinyatakan meninggal karena COVID-19.

Berdasarkan pengembangan rilis WHO pertanggal 11 April 2020 yang menyatakan kasus PDP yang probable didefinisikan sebagai kematian karena COVID-19. (Bio)