Cakupan Pelanggan Perumdam Samarinda Capai 96 Persen

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Seiring pertumbuhan penduduk di kota Samarinda dan pembangunan cukup pesat, diiringi pula pertumbuhan pelanggan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kencana Kota Samarinda mencapai 160 ribu pelanggan atau sekitar 96 persen, sehingga belum bisa memenuhi 100 persen cakupan layanan.

“Kita terus berupaya meningkatkan pelayanan dan kualitas produksi air bersih dengan dukungan sarana dan prasarana. Jika intake dan IPA yang saat ini dalam progres tentunya akan menambah lagi kapasitas cakupan dan kuantitas serta tak ada lagi sistem giliran di beberapa titik,” kata Kasi Humas Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda,HM Lukman  di Samarinda saat silaturahim dengan Forum Mediasi Pelanggan  dan awak media,Sabtu (16/5) kemarin.

Ia mengatakan Perumdam Tirta Kencana  Samarinda selain meningkatkan pelayanan dan kualitas produksi air bersih juga berusaha menekan kebocoran semaksimal mungkin.

Menurutnya ada beberapa daerah termasuk zona merah atau yang belum bisa terlayani air mengalir selama 24 jam.

Daerah-daerah tersebut antara lain di wilayah Kecamatan Sambutan, wilayah Sempaja Kecamatan Samarinda Utara dan wilayah Kecamatan Palaran.

Lukman menambahkan terkait mitra Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda yakni Forum Mediasi Pelanggan sangat membantu melakukan mediasi atau menjembatani antara pelanggan dan pihak Perumdam jika ada permasalahan.

“Pelanggan bisa menyampaikan keluhan ke Perumdam Tirta Kencana secara langsung atau bisa juga menyampaikan kepada Forum Mediasi Pelanggan,” katanya.

Sementara Ketua Forum Mediasi Pelanggan (FMP) Perumdam Samarinda, Samsuni mengatakan jika ada keluhan-keluhan pelanggan terkait pelayanan yang kurang maksimal atau gangguan yang disampaikan ke Forum Mediasi Pelanggan PDAM,maka segera mereka segera tindak lanjuti.

“Jika ada keluhan pelanggan yang kami terima, maka segera kami tindak lanjuti dengan turun ke lapangan setelah itu berkoordinasi dengan pihak Perumdam untuk mencari solusi agar permasalahan segera teratasi,” katanya.

Ia membeberkan FMP juga tersebar di kecamatan-kecamatan di kota Samarinda sehingga lebih dekat dengan pelanggan.
Diakuinya bahwa keinginan pelanggan distribusi air ke rumah-rumah lancar, kualitas air yang bersih, meskipun selama ini Perumdam terus berupaya, namun hal itu masih saja  ada kekurangan dan kelemahannya.

“Semoga kedepan pelayanan Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda akan lebih baik dan maksimal dengan adanya bantuan anggaran dari pemerintah pusat. Teman-teman wartawan juga harus menyuarakan sehingga mendapat didengar pusat,” harap Samsuni. (dho)

Loading