Wadahnya Dayak Bahau Saq, HINANBASMU Salurkan Bantuan ke Petugas TGC Mahulu

Caption: Simbolis penyerahan bantuan ke tim kesehatan yang tergabung dalam TGC Covid-19 Mahulu, diserahkan Ketua Umum Hinabasmu, Yohanes Avun, Sabtu (22/8/2020).

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Lahirnya sebuah organisasi yang menjadi wadah Suku Dayak Bahau Saq, di Kabupaten Mahakam Ulu, diberi nama Hinaq Dengaan Bahau Saq atau disebut (Hinanbasmu), terus bergerak melakukan bakti sosial guna mendukung pemerintah dalam menanggulangi wabah pandemi Covid-19.

Organisasi kesukuan yang dimpimpin Drs. Yohanes Avun.,M.Si, menyerahkan bantuan paket sembako untuk masyarakat, khususnya Tim Gerak Cepat (TGC) dan tim kesehatan disetiap posko penangan Covid-19 di wilayah tersebut, Sabtu (22/8/2020).

“Bantuan ini merupakan wujud kepedulian dari pengurus Hinabasmu kepada petugas kesehatan yang tergabung di TGC Mahulu. Kita mengapresiasi dan memberi support kepada mereka dalam menanggulangi penyebaran Covid-19,” ungkap Yohanes Avun, disela baksos tersebut.

Bersama pengurus dan anggota Hinabasmu, Yohanes Avun yang merupakan mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Mahulu ini menjelaskan. Organisasi yang dipimpinnya itu memiliki program utama mendukung pemerintah dalam kesejahteraan sosial masyarakat.

“Hinanbasmu dibentuk pada 22 Juli 2020. Dengan hadirnya organisasi ini, dapat menjadi wadah pemersatu bagi masyarakat Suku Dayak Bahau Saq yang berada didaerah terpencil wilayah Kabupaten Mahulu,” tutur Avun.

Selain itu, lanjut dia, Hinanbasmu mampu menjebatani kepentingan masyarakat kepada pemerintah. Serta memfasilitasi, memediasi setiap permasalahan sosial warganya. Kemudian turut serta melestarikan adat, seni dan budaya khususnya Bahau Saq di Kabupaten Mahulu.

Semetara salah satu petugas jaga di Posko TGC Covid-19 Mahulu, saat menerima secara simbolis bantuan tersebut mengucapkan terimakasih atas kepedulian dan support dari pengurus Hinanbasmu yang telah membantu pemeritah dalam menanggulangi wabah pandemi Covid-19 diwilayah itu.

“Terimakasih kepada pengurus Hinanbasmu yang peduli dalam penanggulangan Covid-19 di Mahulu. Sinergi banyak pihak diperlukan atas kebersamaan yang juga  merupakan kunci mengatasi masalah yang kita hadapi saat ini,” imbuh salah satu petugas TGC di Ujoh Bilang.

Untuk diketahui, Bupati Bonifasius Belawan Geh SH, dan Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, SE,.M.BA, merupakan pelindung organisasi Hinanbasmu. Sedangkan Martin Hat L, ST,M.Si, dan E Tek Hen Yohanes, S.Pd, sebagai penasehat.

Adapun susunan pengurus harian Hinanbasmu periode 2020-2025, Ketua Umum Drs. Yohanes Avun.,M.Si, Ketua I Lorensius Ding Lie, Ketua II  Mikael Baeng, S.Pd, Sekretaris Umum Fernando Novi Hajang, A.Md, Sekretaris I Alfred Hurang, ST, Bendahara Umum Franciskus Hului,SE.,M.Si, Bendahara I Fridayani Tubun Lie.

Kemudian devisi hubungan antar lembaga dan kerjama kemintraan, Kepala Devisi, Welly Broldus Huvat SE, Anggota Antonius Baeng Jiu, Lea Angelina Ping,S.Sos, Yopianus Anyang,S.Kom dan Mikael Tingang Lung,S.Kom.

Selanjut tim Advokasi perlindungan Hukum, Ham dan Kamtibmas, yaitu Kepala Devisi Raymundus Lejau SH. Anggota Agustinus Jaang SH, Tomy SH, Lusiana Lunau SE, David Julianus SH, Brigpol Andrianus Avun, Fransiska Wung Lawing, SH.,M.Si. Serta pengurus devisi masing-masing bidang yang berjumlah 65 orang anggota.  

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi (SK)

Bagikan:

Related posts