Inspirasi Pemuda

Loading

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Pelantikan pengurus Pemuda Relawan Indonesia  (PRI) jangan hanya bersifat seremonial saja, namun yang dibutuhkan sumbangsih nyata di lapangan dalam menyikapi persoalan-persoalan sosial apalagi di masa pandemi saat ini.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Agus Tianur, saat menghadiri pelantikan Pengurus PRI Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) masa bakti 2020-2023 oleh Wakil Ketua I Pengurus Pemuda Relawan Indonesia (PRI) Provinsi Kaltim Christian Frisky Natanael Mantiri, di Kantor UPT Pemuda dan Olahraga Disdikpora PPU, Senin (14/12/2020).

“Kami ingatkan, bahwa pelantikan ini dibawah pimpinan Deddy Prawito, tentu berimbas pada tuntutan agar saudara dapat berperan aktif dan dibutuhkan sebagai bagian dari garda terdepan dalam masa pandemi Covid-19. Bahkan mampu memberikan inspirasi bagi pemuda lainnya untuk turut serta mencegah penularan virus corona yang melanda dunia ini,” harapnya.

Agus mengingatkan insting dan kepekaan relawan terhadap lingkungan sekitar yang rawan bencana harus terus terjaga dan terbangun dalam diri para pengurus. 

“Disdikpora se Kaltim khususnya PPU, termasuk juga saya melakukan  pendampingan dan pembinaan. Mulai memfasilitasi pelatihan-pelatihan kesukarelawanan pemuda, terutama bagi pengurus PRI yang baru dilantik dan terpenting mencari kader-kader relawan baru,” jelas Agus.

Selanjutnya kepada pengurus PRI PPU  yang baru dilantik, Agus meminta mereka segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait diaantaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Sosial, serta instansi terkait lainnya.

Tampak hadir dalam pelantikan tersebut, Kadisdikpora PPU Alimuddin, Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim Hardiana Muriyani. (aya/sk)