Diistimewakan Bupati dan Wakil Bupati Mahulu Dilantik Gubernur Kaltim

Isran: Mahulu Kita Istimewakan Sesuai Instruksi Mendagri dan Jaringan Internet Kurang Bagus

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) H Isran Noor, secara bertahap melantik sembilan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang terpilih dalam Pilkada serentak tahun 2020.

Tahap pertama akan dilakukan pelantikan enam kepala daerah bersama Ketua TP-PKK dan Dekranasda Kabupaten/kota di Kaltim yang terjadwal pada 26 Februari 2021, mulai dari  Samarinda, Mahakam Ulu, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Berau dan Paser.

Hari ini tadi Gubernur Kaltim, telah resmi melantik enam kepala daerah tersebut. Namun hanya Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh-Yohanes Avun, mendapat pelantikan langsung oleh Isran Noor di Pandopo Wodah Etam, Jumat (26/2/2021).

Prosesi pelantikan pengambilan sumpah janji/jabatan, oleh Bonifasius Belawan Geh, SH dan Drs.Yohanes Avun, M.Si, sebagai Bupati dan Wakil Bupati Mahulu periode 2021-2024, di Pandopo Wodah Etam Samarinda Kaltim, Jumat (26/2/2021).

Walau Bupati danWakil Bupati Mahulu dilantik langsung, namun tamu undangan dibatasi 25 orang sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. Kemudian lima kepala daerah lainnya serentak mengikuti pelantikan secara virtual di wilayahnya masing-masing.

Pelantikan itu berdasarkan SK Mendagri No 131.64-373 tahun 2021, tentang perubahan atas keputusan Mendagri No 131.64-318 tahun 2021, tentang pengesahan pengangkatan kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil Pilkada serentak 2020 di kabupaten/kota Provinsi Kaltim.

Tampak lima kepala daerah kabupaten/kota lainnya mengikuti prosesi pelantikan secara virtual oleh Gubernur Kaltim, H Isran Noor, Jumat (26/2/2021).

Dalam sambutannya Isran Noor mengatakan, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Mahulu dilantik langsung dari lima kabupaten/kota lainnya dikarenakan jaringan internet yang kurang baik dan juga akses menuju wilayah ini cukup jauh dari ibu kota Provinsi Kaltim. Oleh karena itu, kali ini Mahulu diistimewakan dalam pelantikan tersebut.

“Mohon maaf kepada kepala daerah kabupaten kota lainnya, yang hadir secara langsung dalam pelantikan ini hanya Bupati dan Wakil Bupati Mahulu. Pertama sesuai intruksi Mendagri dan kedua alasan jaringan internet kurang bagus. Jujur saja, kasian bujur kabupaten Mahulu selalu jauh dari lainnya. Jadi biar aja gabung ke Samarinda,” canda Isran.

Atas nama Pemrov Kaltim, Isran mengucapkan selamat atas pelantikan 6 kepala daerah baik langsung maupun yang mengikuti secara virtual. Ia berpesan agar bersama-sama membantu TNI-Polri untuk menanggulangi penyebaran wabah Covid-19 di wilayahnya masing-masing.

“Bupati dan walikota bukan bawahan Gubernur. Namun merupakan mitra kerja, sehingga jangan takut untuk memberi arahan dan masukan dalam komunikasi yang baik untuk membangun Kaltim lebih maju lagi, sesuai beban tugas kita masing-masing,” pungkas Isran mengakhiri sambutanya.

Hadir dalam prosesi pelantikan langsung Bupati dan Wakil Bupati Mahulu, Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, Ketua TP-PKK dan Dekranasda Kaltim, Hj Nobati Isran Noor, Setprov Kaltim Muhammad Sa’bani, Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, Sekda Mahulu Stephanus Madang, Ketua TP-PKK dan Dekranasda Mahulu Yovita Bulan Bonifasius, serta pejabat dan Fokopimda lainnya.

Selanjutnya jadwal pelantikan tahap dua untuk kepala daerah tiga kabupaten/kota mulai dari Bontang (Basri-Najirah) pada 23 Maret 2021. Kemudian Bupati Kutai Barat (FX Yapan-Edyanto Arkan) pada 19 April 2021 dan Walikota Balikpapan (Rahmad-Thohari) pada 30 Mei 2021.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi (SK)

Bagikan:

Related posts