12 Administrator Kaltim Ikuti Talent Pool

Loading

BANJARBARU, Swarakaltim.com – Sedikitnya 12 orang Pejabat Administrator di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) termasuk Kota Bontang dan Kota Balikpapan mengikuti pemetaan/penilaian kompetensi ASN Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama, Administrator dan Jabatan Fungsional Madya Angkatan I, berlangsung di Kanreg VIII BKN Banjarmasin, Selasa (16/3/2021).

Pembukaan dilaksanakan secara daring dan luring, berlangsung di dua tempat secara bersamaan, yakni di Wilayah Kerja Kantor Regional (Kanreg) I BKN Yogyakarta dan Kanreg VIII BKN Banjarmasin. Pelaksanaan ini dibuka Sekretaris Utama BKN Imas Sukmaria yang juga memberikan sambutan.

“Secara umum pelaksanaan penilaian potensi dan kompetensi berlangsung baik, seluruh peserta dari Provinsi Kaltim antusias mengikuti rangkaian penilaian,” kata Kepala BKD Kaltim H Diddy Rusdiansyah yang secara khusus menyempatkan hadir ke Banjarbaru guna memantau pelaksanaan Talent Pool.

Menurut Diddy, pemetaan kompetensi dan potensi ASN merupakan bagian dari penyusunan database talent yang menjadi salah satu agenda prioritas BKN Tahun ini.

Pemerintah Provinsi Kaltim menyadari pentingnya agenda ini dan sejak 2017 telah mengirimkan peserta. Saat ini sudah ada empat angkatan yang mengikuti.

Melalui database profil kompetensi dan potensi yang dilakukan BKN ini, diharapkan bisa terpetakan kompetensi pegawai, termasuk rencana pengembangan potensi yang ada.

“Kita harap terpetakan kompetensi pegawai di Benua Etam,” jelasnya.

Kegiatan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat, berlangsung selama dua hari dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Tes Psikometri dan analisa kasus merupakan bagian tes yang berlangsung pada hari pertama, pada hari berikutnya peserta mengikuti wawancara berbasis kompetensi difasilitasi oleh assessor bersertifikasi yang terhubung secara online.

Hadir mendampingi peserta, Kepala Kanreg VIII BKN Banjarmasin A. Darmuji. (aya/sk)

Publisher : Alfian (SK)