Jembatan Pembangunan Daerah

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Mengusung tema Meningkatkan Peran Pengawasan Intern Dalam Mengawal Keselarasan Visi Misi Kepala Daerah dengan Perencanaan dan Penganggaran Program Pembangunan Daerah di Provinsi Kaltim.

Kantor Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) intern tentang keuangan dan pembangunan tingkat Provinsi Kaltim, bertempat di Pendopo Odah Etam, Kompleks Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada Samarinda, Rabu (31/3/2021).

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi media untuk menjembatani keinginan Kepala Daerah baru, guna mewujudkan visi dan misinya menjadi program pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Ketua Panitia Pelaksana Hendri Mustar kepada Swara Kaltim.

Caption: Ketua Panitia Pelaksana Hendri Mustar

Mustar menjelaskan, Kaltim baru saja melaksanakan pesta demokrasi, Pemilihan Kepala Daerah serentak di 9 Kabupaten dan Kota 9 Desember 2020. Bahkan, kepala daerahnya pun telah menjabat.

Untuk itu, rakor ini dapat memastikan visi misi Kepala Daerah tersebut dapat diterjemahkan menjadi program baru maupun kegiatan yang memberikan manfaat bagi masyarakat.

Artinya, sambung Hendri, melalui kegiatan ini sangat diperlukan pengawalan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

“Peran APIP untuk menjamin keselarasan akuntabilitas, tata kelola pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan dapat diawasi secara efektif. Sehingga mendukung pencapaian visi dan misi Kepala Daerah,” jelasnya.

Rakor dibuka Gubernur Kaltim H Isran Noor. Dihadiri Kepala BPKP diwakili Diputi Kepala BPKP Bidang Polhukam PMK Iwan Taufiq Purwanto, Pimpinan KPK Nurul Gufron dan Inspektur II Kementerian Dalam Negeri Ucok Abdul Rauf Damenta.

Kegiatan itu, juga menghadirkan narasumber, yaitu Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi, Inspektur II Kementerian Dalam Negeri Ucok Abdul Rauf Damenta, Pimpinan KPK Nurul Gufron, dan Kepala BPKP Perwakilan Kaltim Supriyadi.

“Peserta yang hadir 50 orang. Terdiri dari Kepala dan dan Wakil Daerah, Sekretaris Daerah, Kepala Inspektorat se Kabupaten Kota di Kaltim,” sebutnya.(ai/sk)

Editor : Aya (SK)

Publisher : Alfian (SK)

Bagikan:

Related posts