Kemacetan Mulai Terjadi, Andi Harun Instruksikan Bentuk Posko Terpadu di Pasar

SAMARINDA, Swara Kaltim
Menyikapi terjadinya kemacetan di sekitar pusat perbelanjaan dan pasar-pasar tradisional, Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun menginstruksikan kepada jajarannya untuk membentuk posko terpadu di pasar-pasar yang ramai dikunjungi.
“Saya sudah menginstruksikan kepada Kadis Perdagangan, kepala Satpol PP, Dishub, Camat dan Lurah untuk membentuk posko terpadu di Pasar Segiri, Pasar Pagi, Pasar Sungai Dama, Pasar Rahmat dan Pasar lain yg biasa ramai pengunjung,” ucap Andi Harun.
Tugas mereka lanjut Andi Harun bagaimana agar bisa menata parkir hingga penerapan protokol kesehatan Covid-19.
“Sejak pintu masuk hingga aktivitas dalam pasar untuk memotivasi/kampanye 3 M, mengurai kerumunan bagi pengunjung dan pedagang,” pinta Andi Harun yang pernah menjabat Wakil Ketua DPRD Kaltim dua periode ini.
Ia juga meminta agar ditetapkan penanggung jawab Posko dan personilnya di masing-masing posko.
“Kita ingin posko terpadu ini maksimal. Sehingga akan ada SOP dari operasi posko hingga bagaimana pengendalian dan pengawasannya,” tegasnya.
Kemudian terhadap Dishub dan Satpol PP dimintanya untuk melakukan pengaturan lalu lintas jalan-jalan dalam kota dan ruas jalan lain yang kerap menjadi kawasan macet untuk juga dilakukan. “Kami minta dibentuk tim Covid-19 untuk mengatur kerumunan Roda 2 dan Roda 4. Ini penting menjadi perhatian khusus,” tegas Andi Harun lagi.
Ia meminta agar Dinas Kesehatan, BPBD, Camat, dan Lurah untuk segera saling berkoordinasi dengan Disdag, Dishub, dan Satpol PP serta OPD terkait.
Menurutnya ini bukan sekedar arahan, karena setelah ini dirinya akan memimpin langsung rapat koordinasi terkait tadi.
“Mari perkuat sinergitas mempertahankan capaian penanggulangan Covid-19 Samarinda terutama menjelang dan pasca lebaran Idul Fitri 1442 H,” imbuhnya.
Tak lupa Andi Harun menyampaikan terima kasih atas etos kerja pro aktif semua pihak. “Disamping ini tugas mulia kita juga Insya Allah bernilai ibadah karena untuk kepentingan keselamatan dan kesehatan warga Kota Samarinda,” tutur Andi Harun.(DON/KMF-SMD)

Loading