Intensifkan Luas Tambah Tanam Padi dan Jagung

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Pencapaian program luas tambah tanam (LTT) untuk padi dan jagung periode April-September 2021 masih belum mendekati target.

“Kegiatan tanam masih proses di lapangan,” kata Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim Siti Farisyah Yana pada Rapat Koordinasi Evaluasi Capaian Program dan Kegiatan Tanaman Pangan Tahun 2021 di Swissbell Hotel Samarinda, dikutip Swara Kaltim melalui berita Biro Humas Setprov Kaltim, Selasa 29 Juni 2021.

Rakor selama dua hari (29-30 Juni), dihadiri pejabat/wakil kepala BBPOPT Jatisari, Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan, Kepala UPTD Proteksi, Kepala Bidang/Kepala Seksi Pertanian Kabupaten/kota se Kaltim, disebutkan target serapan Kementan untuk masing-masing eselon 1, yakni sebesar 40 persen sampai akhir Juni ini.

Karenanya, Yana berharap monitoring di tingkat lapangan terkait inputan data-data dalam aplikasi lebih dioptimalkan.

Selain itu, media whatshapp group terkait informasi LTT dan lainnya, per 2 kali seminggu direspon dengan baik sebagai bagian evaluasi.

“Penentuan target tanam bulanan harus mencermati realisasi periode yang sama pada tahun sebelumnya,” pinta Yana.

Diakuinya, serapan kegiatan Ditjen Tanaman Pangan untuk Kaltim, baik dekon dan tugas pembantuan, kontraknya sudah lebih dari 40 persen.

“Melalui Rakor dirangkai diskusi yang aktif, maka diketahui kendala yang dihadapi kabupaten dan kota, sekaligus dicarikan solusinya, agar LTT lebih maksimal dan sesuai target,” harap Siti Farisyah Yana.(aya/sk)

Bagikan:

Related posts