Dinas PU : Perbaikan Waduk Telagasari mencapai Rp 1,5 miliar

BALIKPAPAN, Swara Kaltim.Com
Dinas Pekerjaan Umum kota Balikpapan mendapatkan hasil investigasi penyebab waduk Telagasari menjadi surut. Tim independen ahli bendungan rekomendasi dari Balai Wilayah Sungai Kalimantan 4 Samarinda disebabkan air waduk surut karena ada rongga dibawa spillway.

“tim bendali telagasari telah mendapatkan hasil penyebab waduk Telagasari surut. Dari hasil investigasi tersebut tidak terjadi kebocoran di sisi dinding bendali. Tapi penyebab air itu surut karena ada semacam rongga dibawa spillway. Untuk itu Kami memastikan tidak ada kerusakan struktur diatas waduk,” Yusri Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Balikpapan kepada Swara Kaltim.com, Selasa (27/7/’21).

Kondisi Waduk Telagasari Kota Balikpapan

Selanjutnya Ia menjelaskan, Tim investigasi menyarankan dua penanganan yakni membuat blankit diatas dan menimbun dengan material yang kedap air seperti tanah lihat dipadatkan dengan panjang sekitar 50 meter dan memasang kembali spillway.

Yusri menambahkan, adapun anggaran untuk peraikan waduk Telagasari mencapai 1,5 miliar rupiah. Sedangkan, untuk investigasi yang di lakukan oleh tim sudah sesuai target yakni satu setengah bulan sudah selesai. Dalam melakukan investigasi memerlukan waktu dikarenakan, harus melalui pemeriksaan di lab material hasil boring, sehingga diketahui batu- batuan lapisannya jenis apa dan bagaimana perilakumya terhadap struktur dan rembesan air.

“Untuk anggaran diperkirakan menghabiskan dana 1,5 miliar rupiah. Namun terlebih dahulu akan dilaporkan ke walikota Balipapan terlebih dahulu hasil dari investigasi tersebut,” katanya.

Yusri berharap, agar warga yang tinggal di sekitar waduk tidak khawatir atas penyebab surutnya air waduk telagasari. Dikarenakan, tim investigasi telah menemukan hasilnya dan tidak akan mempengaruhi strutur tanah di sekitar.

“Kami telah mendapatkan hasil investigasinya dan warga tidak perlu khawatir akan terjadi hal yang tidak diinginkan,” tegasnya.(SIS)

Bagikan:

Related posts