Ciptakan IKM Berkualitas dan Inovatif, Disperin Dukung Samarinda Hackathon 3.0

Rita Dinar (di tengah) ketika mengikuti rapat persiapan

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Dinas Perindustrian Samarinda (Disperin) mendukung pelaksanaan kompetisi Samarinda Hackathon 3.0 yang dilaksanakan Pemerintah Kota Samarinda melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Samarinda yang rencana kegiatan diawali 16 September tahun ini.

“Kita sangat mendukung kegiatan Samarinda Hackathon 3.0 yang memang sejalan dengan program unggulan Wali Kota Pak Andi Harun dan Wakil Wali Kota pak Rusmadi pada periode kepemimpinan beliau,” ucap Plt Kepala Disperin Samarinda Rita Dinar Tiurmaida seusai mengikuti Rapat Persiapan Samarinda Hackathon 3.0 di ruang rapat Harvard Balaikota Samarinda, Rabu (1/9/2021).

Dikatakan Rita Samarinda Hackathon 3.0 ini implementasi program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (Pro Bebaya), program Smart City Plus dan terlebih khususnya program penciptaan 10.000 start up sebagai program unggulan wali kota dan wakil walikota periode 2021-2024.

Menurutnya selain menciptakan start up alias wirausaha baru dalam hal ini juga pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) yang berkualitas melalui kompetisi ini.

“Dengan kompetisi start up ini akan meningkatkan kualitas UMKM maupun IKM di Samarinda, karena para pelaku akan mengadopsi teknologi informasi untuk meningkatkan keunggulan produk layanan, melakukan inovasi agar tercipta produk atau layanan yang unik dan punya nilai tambah dibanding produk sejenis,” ungkap Rita.

Apalagi katanya, menyambut Ibukota Negara (IKN) baru harus diantisipasi dengan menyiapkan pelaku UMKM kota Samarinda sebagai pemain kunci pendukung ekosistem IKN baru.

Adapun rencana kegiatan, untuk sosialisasi dan kickoff pada 16 September 2021 secara online, pendaftaran dan submit proposal 17 September– 9 Oktober 2021, penilaian proposal oleh tim 11 Oktober – 15 Oktober 2021. Sedangkan pitching offline 20-21 Oktober secara online, pendampingan pengembangan produk 25 Oktober – 19 November, dan Demo Day 25 November 2021.

Untuk syarat dan ketentuan peserta memiliki usaha/produk (barang/jasa) yang meliputi sub sektor ekonomi kreatif seperti aplikasi, pengembangan permainan, kuliner dan fashion. Satu tim terdiri dari 2 orang dan maksimal 3 orang, usia peserta minimal 18 tahun tanpa ada batas maksimal usia. Kemudian anggota tim adalah warga Samarinda dengan dibuktikan KTP atau kartu keluarga. Peserta pun harus mengikuti seluruh peraturan dan rangkaian kegiatan.(dho)

Bagikan:

Related posts