Wagub Harapkan IKN Mendapat Perhatian Khusus

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi didampingi Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekdaprov) Kaltim Riza Indra Riadi dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat Kaltim Aji Muhammad Fitra Firnanda, menghadir video conference Sidang Pleno Dewan Sumber Daya Air (SDA) Nasional tahun 2022, yang dibuka Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto, yang juga selaku Ketua Dewan (SDA) Nasional, Selasa (1/3/2022).

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan sidang pleno yang dilaksanakan merupakan amanat dari pada pasal 16 Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2017, dan  sidang pleno kali ini akan membahas beberapa hal, pertama kesepakatan terhadap usul rencana kerja Dewan SDA Nasional tahun 2022.

Kedua, kesepakatan terhadap usulan pembentukan panitia pelaksanaan rencana kerja SDA tahun 2022. Ketiga, pengesahan rekomendasi strategis pengelolaan sumber daya air dalam mendukung peningkatan produksi pangan berkelanjutan.

“Keempat, pengesahan rekomendasi penanganan masalah pesisir pantai, khususnya Pantai Utara Pulau Jawa. Kelima, rekomendasi lingkungan sumber daya air untuk program pengembangan food estate. Keenam, peningkatan rekomendasi pembangunan prasarana sumber daya air di tengah pandemi Covid-19,” kata Airlangga Hartarto.

Menko Airlangga Hartarto meyakini terkait dengan hal tersebut telah dibahas antara tim teknis. Oleh karena itu sidang pada sore hari ini,   diharapkan dapat menyepakati dan menetapkan hal-hal tersebut.

“Materi substansi yang telah disepakati akan diputuskan dalam sidang pleno ini, dan menjadi bahan pertimbangan bagi Presiden dan juga untuk ditindaklanjuti oleh seluruh stakeholder sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing kementerian dan lembaga,” tandas Airlangga Hartarto.

Wagub Hadi Mulyadi mengharapkan Dewan SDA Nasional juga dapat memberikan perhatian khusus terhadap sarana dan prasarana  pendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) seperti untuk antisipasi pasokan air bakunya, setelah pemindahannya nanti tentu membutuhkan air yang cukup besar.

“Oleh karena itu, kita harapkan program Dewan SDA Nasional juga masuk dalam pembangunan IKN, apalagi akan dibangun tiga bendungan yaitu Bendungan Sepaku Semoi, Bendungan Selamayu dan Bendungan Batu Lepek. Serta satu intake yang akan dibangun adalah Intake Sungai Sepaku di sekitar IKN,” kata Hadi Mulyadi usai mengahadiri Sidang Pleno Dewan Sumber Daya Air (SDA) Nasional tahun 2022, di Ruang Heart of Borneo Kantor Gubernur Kaltim.

Hadi Mulyadi meyakini pembangunan IKN juga masuk dalam program Dewan SDA Nasional, karena Ketua Harian Dewan SDA Nasional adalah Basuki Hadimuljono yang juga Menteri PUPR Republik Indonesia.

“Dengan begitu tentu beliau (Basuki Hadimuljono) tahu persis kebutuhan pasokan air baku untuk IKN, maka dari itu, kita harapkan IKN mendapat perhatian khusus dari Dewan SDA Nasional terkait kebutuhan air baku di IKN nanti,” tandas Hadi Mulyadi. (mar/her/yans/adpimprovkaltim/adv/aya/sk)

Loading