Vaksin Menuju Heard Immunity, Pemkab Mahulu Gandeng Binda Kaltim

MAHAKAM ULU, Swarakaltim.com – Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) hingga saat ini terus mengupayakan mencapai Herd Immunity di masa pandemi Covid-19, dengan terus melaksanakan vaksinasi hingga di 5 Kecamatan wilayah Kabupaten termuda di Kaltim yang berbatasan langsung dengan Serawak, Malaysia.

Kepala Dinkes P2KB Mahulu, drg Agustinus Teguh Santoso mengatakan, hingga 28 Februari 2022, jumlah cakupan vaksinasi Covid-19 se-Mahulu sudah cukup tinggi. Dosis 1 sudah di angka 107 persen, dosis 2 di angka 80 persen, sedangkan dosis 3 masih di angka 20, 5 persen.

“Untuk kelompok khusus cakupan Lansia 88 persen, dan untuk cakupan anak usia 6 sampai dengan 11 tahun di angka 106 persen dari target sasaran 25.524 orang,” jelasnya kepada wartawan, Sabtu (12/3/2022).

Menurutnya, Dinkes P2KB Mahulu menyambut baik dan apresiasi ke Binda Kaltim yang suport/mendukung pelaksanaan Giat Vaksin bahkan sampai kegiatan vaksinasi di kecamatan perbatasan, yaitu Kecamatan Long Apari.

Teguh Santoso menjelaskan, vaksinasi dosis 1, dosis 2 maupun Vaksinasi Booster dosis 3, sebelumnya diadakan kegiatan Vaksinasi Jemput Bola dengan mendatangi Kantor-kantor/OPD di lingkungan Pemkab Mahulu maupun ke Kampung-kampung.

“Kami akan terus menuntaskan kegiatan vaksinasi. Berharap semoga masyarakat dapat berpartisipasi aktif untuk mengikuti kegiatan ini. Untuk mendukung Indonesia Pulih, Kaltim Sehat dan Mahulu Zona Hijau Kembali,” imbuhnya.

Upaya tersebut dilakukan Dinkes P2KB Mahulu, bekerja sama dengan Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Kaltim perwakilan Kabupaten Mahulu.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat tersebut dilaksanakan pada tanggal 1 sampai dengan 12 Maret 2022. Dengan menyasar 7 kampung dan 1 perusahaan swasta yang berada di wilayah Bumi Urip Keriman ini.

Perwakilan Binda Kaltim Mahulu, Bagas Dwisaka menjelaskan, 7 kampung dan 1 perusahaan tempat pelaksanaan vaksinasi tersebut diantaranya, pada 1 Maret 2022 di Kampung Ujoh Bilang dan Long Merah. Kemudian pada 2 Maret di Ujoh Bilang, 4 Maret di PT SAU, 8 Maret di Kampung Batu Majang dan Batoq Kelo.

Kemudian pada 9 Maret di Kampung Long Hurai dan Long Bagun Ilir, 10 Maret di Kampung Long Bagun Ulu, dan pada 11 Maret di Kampung Long Melaham dan Ujoh Bilang,” terang Bagas kepada wartawan.

Dia menuturkan, jumlah masyarakat Mahulu yang tervaksin selama 1-13 Maret 2022 sebanyak 1.386 orang. Yakni mulai dari kategori sasaran usia 6-11 tahun hingga lanjut usia (Lansia).“Jenis vaksin yang digunakan antara lain AstraZeneca, Moderna dan Sinovac,” jelasnya.

Bagas menambahkan, selain itu, di Kecamatan Long Pahangai dilaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 selama 3 hari, mulai 9-11 Maret 2022. “Dibeberapa kampung, antara lain Long Pakaq, Long Pakaq Baru, Long Lunuk dan Long Pahangai I. Dengan total 222 orang tervaksin,” tuturnya.

Dirinya mengungkapkan, untuk di Kecamatan Long Apari, pihak BINDA Kaltim bekerjasama dengan Dinkes P2KB Mahulu telah memulai kegiatan vaksinasi tersebut sejak 6-12 Maret 2022 di kampung-kampung dalam wilayah kecamatan perbatasan itu.

“Long Apari dengan capaian vaksinasi sebanyak 499 orang. Sehingga, keseluruhan total capaian vaksinasi dalam kurun waktu 2 pekan di bulan Maret ini mencapai 2.107 orang,” pungkasnya.

Penulis :Alfian

Editor   : Redaksi

 Publisher : Rina

Loading