Pelatihan ToT Pemantapan Nilai Kebangsaan akan Digelar di Kaltim

Loading

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Provinsi Kaltim akan menjadi salah satu provinsi terpilih dalam pelaksanaan Pelatihan untuk Pelatih Training of Trainers (ToT) Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Dosen, Guru, Widyaiswara dan TNI/Polri.

Pelatihan yang akan diselenggarakan oleh Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI itu akan berlangsung selama 11 hari, yakni pada 20-30 Juni 2022.

“Kami menyampaikan apresiasi atas dipilihnya Kalimantan Timur sebagai salah satu daerah yang menjadi target pelatihan ini. Sebagai mitra IKN kami tentu memerlukan pemantapan nilai-nilai kebangsaaan ini. Karena IKN kita adalah nusantara,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim Sri Wahyuni saat memimpin Rapat Koordinasi dalam rangka Pelaksanaan Pelatihan untuk Pelatih Training of Trainers (ToT) Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Dosen, Guru, Widyaiswara dan TNI/Pori di Ruang Rapat Sekda Provinsi Kaltim, Selasa (19/4/2022).

Kaltim kata Sri Wahyuni sangat membutuhkan pengajar dan penyampai yang kompeten untuk menyebarluaskan nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Para alumni pelatihan ini nantinya sangat diharapkan dapat mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan itu dan menyebarluaskannya di lingkungan sekolah, kampus dan diklat-diklat pemerintahan maupun swasta.

“Kami sangat berharap transformasi yang efektif dan efisien dari para peserta pelatihan ini di lingkungan masing-masing nantinya,” harap Sri Wahyuni.

Mengingat kompleksitas tantangan masa kini dan masa mendatang, Sri Wahyuni berharap agar pelatihan ini bisa terus dilakukan pada tahun-tahun berikutnya. “Saya berharap pelatihan ini tidak berhenti sampai di sini,” seru Sri Wahyuni.

Sementara itu, Kasubdit Pembinaan Peserta Lemhannas RI Kolonel Iyan Mulyana menjelaskan pelatihan akan digelar di salah satu hotel di Kota Balikpapan. Peserta pelatihan ini diharapkan 30 dosen, 40 guru (SMA/SMP) dan 30 widyaiswara/TNI/Polri. “Pendidikan minimal para calon peserta minimal S1 dan perwira menengah untuk TNI/Polri,” kata Iyan Mulyana.

Para peserta akan diberikan pemahaman tentang materi dasar, materi utama dan materi penunjang. Sedangkan pembelajaran akan dilakukan melalui ceramah, diskusi, pembinaan peserta, praktik mengajar dan outbound (di SPN Balikpapan).

Di antara pemateri adalah Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto untuk materi pengantar pimpinan dan Gubernur Kaltim Isran Noor untuk materi kearifan lokal.

“Mereka akan menjadi kepanjangan tangan Lemhannas untuk menyampaikan nilai-nilai kebangsaan kepada pelajar, mahasiswa dan masyarakat,” imbuh Iyan Mulyana.

Pendaftaran peserta pelatihan ini akan dilakukan satu pintu melalui Badan Kesbangpol Kaltim.  Peserta diperkirakan berasal dari Balikpapan, Samarinda dan PPU.

Rapat juga dihadiri Kepala Badan Kesbangpol Kaltim Sufian Agus dan Kepala BPSDM Kaltim Nina Dewi. (sul/her/adpimprovkaltim/adv/aya/sk)