52 Kafilah Balikpapan Akan Mengikuti MTQ ke 43 di Provinsi Kaltim

BALIKPAPAN,Swarakaltim.com – Walikota Balikpapan Rahmad Masud secara resmi melepas 107 orang terdiri dari 52 orang kafilah, pelatih 11 orang dan selebihnya pendamping dan official yang akan mengikuti lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-43 tingkat Provinsi Kaltim yang akan dilaksanakan di Samarinda, mulai 21-29 Mei 2022.

Pelepasan kafilah dan official ini juga di hadiri Kepala Kemenag Kota Balikpapan Johan Marpaung, Kabag Kesra yang juga Ketua Rombongan Kafilah MTQ Kota Balikpapaan, Sukaryanto bertempat di Aula Kantor Walikota, Kamis (19/5/2022).

Dalam sambutanya, Walikota Balikpapan Rahmad Masud memberikan motivasi kepada para kafilah MTQ Kota Balikpapan yang akan berkompetisi mengikuti MTQ tingkat Provinsi Kaltim di Samarinda.
“Semoga seluruh perwakilan Kota Balikpapan dapat memberikan yang terbaik untuk membawa nama harum Kota Balikpapan,” kata Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud kepada media.

Wali Kota menambahkan, namun yang tidak kalah pentingnya tetap menjaga kesehatan jadi prioritas, walaupun pandemi Covid-19 relatif melandai dan Presiden Joko Widodo melonggarkan penggunaan masker tapi untuk menghindari tindakan yang tidak diinginkan tetap prokes jika dalam ruangan.

“Sekaligus menjaga nama kota Balikpapan, baik secara lisan dan juga perbuatan khususnya dalam menjaga kebersihan yang sudah menjadi budaya masyarakat Balikpapan,” ujarnya.

“Tanamkan itu dalam diri kita dan jadikan contoh, karena sampai sekarang Balikpapan dinobatkan tiga kota besar yang terbersih di Indonesia setelah Surabaya, Semarang dan Balikpapan,” sambungnya.
Sementara itu, Kabag Kesra Sekdakot Kota Balikpapan Sukaryanto mengatakan, untuk rombongan kafilah Kota Balikpapan berjumlah total 107 orangyang terdiri dari 52 orang kafilah, pelatih 11 orang sisa pendamping dan official.

“Seluruh kafilah akan mengikuti 9 cabang diantaranya, tilawah quran, hafalan alquran, tafsir alquran, musabaqoh hadis,” akunya.
Sebelumnya, Ketua Panitia TC LPTQ Kota Balikpapan H Masrivani menuturkan sebanyak 52 peserta yang mengikuti MTQ dan ini merupakan hasil Musabaqah Tilawatil Quran Kota Balikpapan tahun 2021.

Sehingga berhak mengikuti MTQ tingkat Provinsi Kaltim dan akan mengikuti pelatihan yang berlangsung dari tanggal 3-6 Maret 2022.
“Insyaallah tahun depan Kota Balikpapan menjadi tuan rumah MTQ ke 44 tahun 2023,” akunya.

Dari 52 peserta akan mengikuti tujuh cabang Training Center yang akan dilatih sebanyak 15 orang.
“Kiprah pelatih ini menjadi semangat buat anak-anak kita dalam meningkatkan prestasi di MTQ Provinsi Kaltim,” imbuhnya.
Masrivani menambahkan, format kegiatan ini pertama kali dilakukan yakni seluruh peserta menginap agar dapat lebih fokus dan meminimalisir kejadian yang tak terduga menjelang lomba. Peserta pun diberi uang saku dan transport serta makan juga disediakan.

“Mudah-mudahan prestasi Kota Balikpapan pada tahun 2021 berada pada tingkat lima dan semoga nanti bisa menjadi tingkat pertama,”urainya.

Para peserta akan dilatih mulai dari teknik pengaturan suara tilawah dan hafalan. Kemudian peserta juga akan dibimbing pelatihan cerdas cermat, seni kaligrafi, pemahaman tafsir dan lain sebagainya.(*/db)

Bagikan:

Related posts