Tangkal Barang Haram Melalui Pemberdayaan Pemuda

Loading

Foto Lurah Gunung Panjang Sabaruddin

TANJUNG REDEB, Swarakaltim.com – Ditetapkan sebagai Kampung Tangguh Anti Narkoba, Lurah Gunung Panjang dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) akan melakukan tolak bala dengan beberapa kegiatan pemberdayaan pemuda, guna menangkal peredaran dan penyalahgunaan barang haram.

Hal itu sebagaimana disampaikan Lurah Gunung Panjang Kecamatan Tanjung Redeb Sabaruddin belum lama ini. “Ditetapkannya Kelurahan kami, merupakan tonggak awal berperang melawan narkoba. Nanti kedepannya kami akan melakukan sosialisasi, pencegahan, baik itu ditingkatkan sekolah, membuat posyandu masyarakat terpencil. Sehingga masyarakat yang ada di Gunung Panjang ini bisa memahami bahaya penyebab narkoba. Kedepannya juga kami mau mengadakan turnamen sepak bola khusus anak muda sekaligus sosialisasi terkait hal itu,” kata Sabaruddin kepada Swara Kaltim.

Senada Ketua LPM Gunung Panjang Daud Yusuf menyampaikan, sebagai bagian dari lembaga milik kelurahan, tentu sangat mendukung program ini atas inisiasi program kerjasama dengan Polres Berau. “Nantinya kami akan membantu, memantau, dan melaporkan jika ada sesuatu yang terjadi di lapangan yang sifatnya mencurigakan seputar narkoba. Dan kami juga mengedukasi masyarakat tentang bahaya narkoba,” tutur Daud melalui telepon selulernya, Jumat (10/6/2022).

Cuman yang menjadi persoalan sekarang, lanjut Daud dari empat kasus yang terjadi kemarin, itu rata-rata pelakunya bukan warga Kelurahan Gunung Panjang. Hanya ada satu, sisanya warga luar yang kebetulan melakukan transaksi di daerah kami. “Jadi untuk warga Kelurahan Gunung Panjang, kami selalu patroli bersama unsur pengamanan,” ujarnya.

Selain itu, untuk menangkal peredaran dan penggunaan narkoba. Dirinya bersama Lurah akan mengadakan kegiatan tahun ini, yaitu dibidang olahraga di Hari Ulang Tahun (HUT) Kelurahan Gunung Panjang. Dan perlombaan di hari Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), seperti MTQ, Tahfiz Qur’an, dan lain sebagainya. Bahkan, kalangan muda kami sewakan setiap seminggu sekali rutin menggunakan fasilitas CB Support untuk berolahraga. “Insyaallah tahun ini kegiatan besar itu diadakan,” pungkasnya. (Nht/Fdl)