Kesadaran Bela Negara Wajib Dimiliki Pemuda, Wagub : Tidak Menunggu Perang

Loading

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Kesadaran bela negara menjadi penting dan wajib dimiliki setiap warga negara, khususnya para pemuda sebagai generasi penerus dan pewaris bangsa.

“Tidak menunggu perang,” kata Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi usai membuka Sosialisasi Sumber Daya Alam dan Buatan Komponen Pendukung Pertahanan Negara di Ruang Ruhui Rahayu, Kantor Gubernur Kaltim, Rabu, 15 Juni 2022.

Sebab menurut orang nomor dua Benua Etam ini, perang itu sesuatu yang dihindari, tapi kalau ada, siap dihadapi karena tidak bisa dihindari. Karenanya, semangat dan kesadaran bela negara wajib dipahami dan dimiliki setiap warga negara, terutama para pemuda.

Atas nama Pemerintah Provinsi Kaltim, Wagub menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang fokus melakukan pembinaan bagi generasi bangsa. Hal penting ujarnya, bagaimana Kemenhan membangun pertahanan dan kemananan melalui sumber daya alam dan sumber daya manusia diluar TNI/Polri.

Salah satunya ada pembentukkan komponen cadangan dari seluruh Indonesia termasuk Kaltim yang dibina Kemenhan. “Untuk Kaltim jumlah komponen cadangan totalnya sekitar 650 orang yang dibina Kemenhan selama 3 bulan,” sebutnya.

Kembali mantan legislator Karang Paci dan Senayan ini mengingatkan bagaimana pentingnya kesadaran pemuda tentang bela negara untuk pertahanan dan keamanan. “Keamanan dan pertahanan kita itu tidak mustahil suatu saat ada ancaman di dalam maupun luar negeri,” pungkasnya.

Direktur Sumber Daya Pertahanan Ditjen Pothan Kemenhan Brigadir Jenderal TNI Fahrid Achmad mengemukakan pembinaan komponen cadangan dilakukan seluruh wilayah Indonesia.

Komponen cadangan ini diakuinya, salah satu komponen untuk memperkuat pertahanan negara, khususnya memperkuat dan memperbesar kemampuan komponen utama dalam menghadapi ancaman militer dan hibrida dari sekarang.

“Karena pertahanan itu perlu dipersiapkan secara dini sesuai dan berdasarkan UUD,” ungkap Fahrid.
Hadir Plt Kepala Biro Ekonomi Setda Prov Kaltim H Suriansyah, para pimpinan OPD lingkup Pemprov Kaltim serta pejabat utama di jajaran Ditjen Pothan Kemenhan.(yans/her/adpimprovkaltim/adv/aya/sk)